Notification

×

Iklan

Iklan

Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera Kabupaten Lamongan Gelar Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis

Friday 10 November 2023 | 18:37 WIB Last Updated 2023-11-10T13:14:18Z
LAMONGAN   |   BIN.Net  -  Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera ( Yabhisa) bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan gelar kegiatan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di Desa Gondang Lor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.(Jumat 10/11/2023).

Ketua Yabisa Kabupaten Lamongan, Gati Dyah Ayu Mustika mengatakan, kami dari Yabhysa menargetkan pelayanan ini tersebar 4 kecamatan antara lain Sugio, Brondong, Babat dan kecamatan Sukodadi dengan target 1600 penderita TBC.

"Kalau untuk kerjasama Yabhisa ini diperpanjang kontraknya yang berjalan dari tahun 2021- 2023 maka kami akan mengembangkan ke 27 kecamatan yang ada dikabupaten Lamongan" Ucapnya.

Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, sambung Gati Dyah Ayu Mustika, alhamdulillah kegiatan skrining dan pencegahan TBC berbasis masyarakat merupakan kegiatan yang berupaya mendekatkan layanan skrining menggunakan Chest XRay Artificial Intelligence (CXR AI) kepada populasi berisiko tinggi TBC (prevalege) koordinasi antara tim pelaksana komunitas (SR dan SSR/IU) dengan Dinas Kesehatan Kab/Kota, berjalan dengan bai" Ungkapnya.

Sementara itu, dr.Hilda kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Lamongan saat memberikan keterangan kepada Barometeri Indonesia News mengatakan, ini adalah pertama kali kegiatan,  kita adakan pelayanan dan penjaringan terhadap para penderita tuberkulosis (TBC ), karena TBC adalah penyakit terbesar ke 2 diseluruh dunia.

"Alhamdulillah kita sangat dibantu oleh yayasan Yabhisa ini, dan kita sudah memetakan kecamatan-kecamatan yang masyarakatnya banyak menderita TBC, sehingga kami akan jemput bola bekerja sama dengan yayasan yang di ketua oleh mbak Diyah. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala desa, Babinsa,kepala Puskesmas ,juga kader desa" Pungkasnya.

Pewarta   :  Ubed & Alv

COPYRIGHT BAROMTER INDONESIA NEWS.
close