Notification

×

Iklan

Iklan

Petani di Desa Sangkanjoyo Dapat Bantuan Pompa Air

Wednesday 15 June 2022 | 12:51 WIB Last Updated 2022-06-15T05:51:26Z
KAJEN, BIN.Net | | Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Rukun Karya di Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen mendapatkan bantuan pompa air dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Selain itu, petani juga menerima bantuan rumah pompa dan lampu penghalau hama. Bantuan tersebut diserahkan PT. PLN Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) Pekalongan di Desa Sangkanjoyo, Selasa (14/6). Seremonial penyerahan bantuan disaksikan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq.  

Kades Sangkanjoyo yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Rukun Karya, Rudi Hartono dalam sambutannya melaporkan bahwa mayoritas penduduk Desa Sangkanjoyo adalah petani dan luas lahan pertanian di desa tersebut sekitar 148 hektare. 
Menurutnya, dengan bantuan tersebut, setidaknya pengairan lahan pertanian seluas 30 hektare dari 148 hektare yang ada di desanya terbantu. “Alhamdulillah dari PLN ada kepedulian untuk kami. Ini sangat membantu petani di sini,” ujar Rudi.  

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT. PLN Pekalongan atas perhatian kepada Kelompok Tani di Desa Sangkanjoyo. “Ini adalah hal yang luar biasa. Ini adalah CSR (Corporate Social Responsibility) yang mengena, CSR yang bermanfaat sekali bagi masyarakat,” tutur Bupati. 

Bupati berharap dengan bantuan tersebut, produktivitas pertanian di Desa Sangkanjoyo meningkat. “Diharapkan ekonomi berjalan lebih baik, panen berjalan lebih baik dan agar kesusahan-kesusahan yang ada selama ini, dengan adanya alat ini jadi mudah Jika petani mendapatkan kemudahan-kemudahan, petani dapat bertani dengan baik dan panen bisa maksimal,” harap Fadia. 

Bupati juga berharap ketahanan pangan di Kabupaten Pekalongan bagus dan menurutnya, hal itu memerlukan dukungan atau support yang bagus pula. “Masalah ketahanan pangan menjadi PR kita semua. Mudah-mudahan Ketahanan Pangan di Kabupaten Pekalongan tetap bagus dengan upaya-upaya yang kita lakukan,” ujarnya.  

Manager UP3 Pekalongan, Muhammad Khadafi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PLN memiliki program CSR atau sekarang disebut sebagai TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) selaku penyedia tenaga listrik. 

PLN memiliki 4 program unggulan, di antaranya bantuan rumah pompa, pompa air dan lampu penghalau hama. Program diharapkan dapat membantu petani Rukun Karya Desa Sangkanjoyo dalam mengelola pertanian, khususnya terkait pengairannya.”Potensi yang ada dalam pertanian ini dinilai sangat besar dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. PLN mendukung program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan serta mengedepankan pertanian bisa menjadi unggul dengan dukungan sarana yang baik, salah satunya dengan kehadiran listrik di sini,” ujar Khadafi. 

Diharapkan dengan bantuan tersebut, ada efisiensi dalam proses pertanian yang sebelumnya menggunakan mesin berbahan bakar solar dengan biaya operasional bulanan yang cukup besar. “TJSL sudah langsung siap pakai sehingga petani bisa menggunakan program ini dan diharapkan ada peningkatan produktivitas pertanian,” ucap Khadafi.

Kegiatan dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wahyu Kuncoro, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Yudhi Himawan dan Kepala OPD terkait lainnya di Lingkungan Pemkab Pekalongan, Unsur Forkopimcam Kajen, Kades Sangkanjoyo, ibu-ibu PKK dan kelompok tani dan warga masyarakat.

Dhodi.R
close