Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Rayakan HUT Ke-5, RSUD Limpung Upayakan Peningkatan Akreditasi C

Tuesday 31 May 2022 | 18:47 WIB Last Updated 2022-05-31T11:47:53Z
BATANG, BIN.NET || Memasuki usia yang Ke-5, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Limpung, berupaya menambahkan fasilitas dan meningkatkan pelayanan kepada warga.
Rencananya tahun ini akan meningkatkan akreditasi RSUD Limpung menjadi C untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama bagi yang kurang mampu.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Limpung Any Rusydiani dalam acara perayaan HUT Ke-5 RSUD di Halaman Parkir RSUD Limpung, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Senin (30/5/2022).

“RSUD Limpung saat ini masih akreditasi D jadi untuk meningkatkan menjadi akreditasi C salah satu syaratnya harus menyediakan 100 bet kamar untuk pasien. Untuk sekarang RSUD Limpung masih tersedia 92 bet kamar jadi kurang 8 bet kamar lagi,” jelasnya.

Untuk anggaran sendiri akan mengajukan ke Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) untuk mensupport dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) karena sampai tahun 2025 Dana Alokasi Khusus (DAK) fokus di IKM. Hasilnya RSUD harus mencari dari dana yang lain dalam pengembangan fasilitas.

Kesiapan RSUD Limpung, lanjut dia, selain persyaratan bet kamar pihaknya sudah menyiapkan masterplan  pengembangan secara fisik maupun administratif. Bahwa ijin-ijin nanti operasional dan yang lainnya kita kaitkan juga dengan akreditasi. 

“RSUD Limpung berkomitmen tahun ini benar-benar mengupayakan untuk peningkatan menjadi C, karena dua tahun lalu memang tidak ada akreditasi dari pemerintah pusat,” terangnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa dalam waktu 5 tahun dengan waktu yang singkat ini RSUD Limpung bisa mengembangkan rumah sakit terutama bagian fisik gedung sudah luar biasa.

“Saya mengucapkan terima kasih secara pribadi dengan para dokter yang merintis awal mula adanya RSUD Limpung. Tinggal tahun ini agar meningkatkan akreditasi saja yang saat ini D menjadi C,” ungkapnya. 

Apalagi RSUD Limpung masih melakukan pengembangan-pengembangan fasilitas tinggal memenuhi 8 bet kamar lagi soalnya ketersediaan bet kamar ada 92. Padahal syarat akreditasi C harus tersedia 100 bet kamar.

Pelayanan kesehatan masyaratakat di RSUD Limpung sudah bagus, karena ada pelayanan salah satunya dokter spesialis disini sudah lengkap mulai dokter anak, dokter THT, dokter internis, dokter bedah, dan bahkan dokter jiwa sudah ada.

“Kedepan juga bisa terus ditingkatkan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Batang khususnya untuk Kecamatan Limpung dan sekitarnya sesuai visi RSUD Limpung yakni untuk menjadi rumah sakit unggulan yang mampu berkompetisi dengan rumah sakit yang lain,” ujar dia. 
(M Triyono/Tim Diskominfo Kab.Batang)
close