Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Atlet Angkat Berat Lapas Batang Siap Bertanding

Tuesday 31 May 2022 | 20:58 WIB Last Updated 2022-05-31T13:58:25Z
BATANG, BIN.Net | | Pembinaan di bidang olahraga khusus angkat berat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berjalan di Lapas Batang selama beberapa bulan, ternyata membuahkan hasil dengan menyiapkan 1 atlet angkat berat yang siap bertanding dalam berbagai event.

Pernyataan itu disampaikan Kalapas Rindra Wardhana saat melaporkan seluruh kegiatan kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng. Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana menyampaikan, progres terkait pembinaan olahraga pada cabang angkat besi, selama 6 bulan telah dilakukan pelatihan dan pendampingan terhadap 9 orang WBP. 

“Hingga akhirnya muncul 1 WBP yang berpotensi menjadi lifter atau atlet angkat besi di dalam naungan Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kabupaten Batang, serta 1 orang WBP diproyeksikan untuk menjadi atlet angkat berat atau mewakili Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Kabupaten Batang dalam multi event PraPorprov Jateng,” kaanya, saat ditemui, di Lapas Batang, Kabupaten Batang, Selasa (31/5/2022).

Seleksi atlet di Lapas Batang selain dilakukan melalui latihan fisik dan teknik yang intensif, juga dilakukan seleksi substantif administratif. Pra Porprov untuk angkat besi akan dilaksanakan pada 24-25 Agustus 2022 di Kabupaten Kudus. Ia juga meminta ijin untuk mengadakan kejuaraan CrossFitt Kakanwil Kemenkumham Jateng dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia dan Hari Dharma Karya Dhika. Dipilihnya CrossFit sebagai lomba untuk memunculkan gairah kompetisi dan kebugaran, baik atlet pada semua Cabang Olahraga maupun Non Atlet.

“Serta tentunya dapat dijadikan pengukuran terhadap kebugaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Adapun materi yang dilombakan diantaranya : Battle Rope, Zigzag Run, Push Up, Lunges, Sit Up, Power Clean, Power Snatch, Pull Up, Tire Flip Over, Tire Farmers Walk,” jelasnya. 

Alasan dipilihnya CrossFit karena di dalamnya termuat materi yang berkaitan dengan pengukuran kondisi fisik, yakni Kekuatan dan daya tahan (Endurance), yang memerlukan sistem pernafasan aerobic dan anaerobic pada manusia. CrossFit identik dengan Oregon Circuit, dimana metode tersebut merupakan salah satu menu dalam pelatihan kondisi fisik. 

“CrossFit Kakanwil Kemenkumham Jateng juga akan dimeriahkan dengan pameran produk unggulan Lapas dan rutan se-Jawa Tengah,” ujar dia. 

Pewarta : M .Budiono
close