Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

TNI POLRI Bersama Pemkab Tangerang Tanam Pohon Mangrove dan Tebar Benih Ikan di Mauk

Saturday 22 February 2020 | 16:27 WIB Last Updated 2020-02-22T09:27:52Z

Tangerang, BIN - TNI POLRI Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang Melaksanakan puluhan ribu penanaman mangrove dan penebaran Jutaan benih ikan.

Bertempat di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (21/02/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Para Pejabat Utama Mabes Polri diantaranya Kabaharkam Polri, Kadiv hubinter, Kadiv Humas Polri, Kakorpolair Baharkam, Kepala BNPB, Kapolda Banten, Kasdam, Wakil Gubernur Banten, Danrem 065/Wijayakrama, Danlanal, Bupati Tangerang, Wakapolda Banten, Kapolresta Tangerang, Dandim, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan dan Warga Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Banten.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, yang mengucapkan selamat datang kepada Kapolri dan Panglima TNI, Kepala BNPB, Sejumlah Kementerian RI, PJU Mabes Polri, Forkopimda Banten.

Bupati Tangerang Juga Menyampaikan apresiasi nya kepada Kapolri, Kabaharkam, Kapolda Banten, Kapolresta yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk memprakarsai penanaman pohon ini di wilayah tangerang sebagai pusat kegiatan.

"ini merupakan suatu kehormatan bagi pemerintah daerah provinsi banten dan khususnya kabupaten tangerang," ucap Zaki.

Selain itu, ia mengungkapkan, lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi yang masih butuh perhatian guna mengantisipasi adanya banjir rob dan abrasi. Kegiatan penanaman pohon mangrove juga diharapkan bisa mengedukasi masyarakat sekitar untuk cinta lingkungan.

"Kalau masyarakat sejahtera, maka kamtibmas akan kondusif, dan kriminal menurun,” ungkap Zaki.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, Dalam sambutan dan arahannya menjelaskan apresiasi nya dan penghormatannya kepada Kapolri dan Kabaharkam, ditengah kesibukan yang begitu banyak mengurus negara dan masyarakat tapi masih sempat serta bisa memikirkan, menginisiasi dan melakukan upaya penanaman pohon mangrove secara serentak di seluruh wilayah indonesia dan menabur benih ikan sebagai upaya untuk menjaga, memelihara ekosistem dan kelestarian lingkungan.

"Saya sangat bangga dengan kapolri atas semua dedikasi dan kinerja ini, semoga inisiasi ini bisa diikuti oleh semua elemen dan saya mengajak semua pemerintahan di daerah masyarakat, untuk ikut menjaga kelestarian lingkungannya dan tidak sembarangan membuang sampah, sehingga dapat memelihara kesehatan di daerah nya masing masing," jelas Panglima.

Panglima menambahkan bahwa penanaman pohon mangrove memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Hadi mengatakan ekosistem mangrove bisa menjaga pantai dan bermanfaat bagi nelayan.

"Penanaman bakau, mangrove, (pemyebaran) benih ikan memiliki peran penting. Tidak hanya terkait masyarakat nelayan di sini aja. Keberadaan hutan bakau yang baik, terpelihara ekosistemnya juga akan menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas," tutur Hadi.

Sementara itu Kapolri Jendral Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, mengatakan kegiatan tersebut juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Jadi kegiatan yang kita lakukan ini hanya simbolis saja di Kecamatan Mauk tapi seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman pohon mangrove dan penebaran ikan, udang, dan bandeng, nila," ujar Idham saat di wawancarai awak media seusai kegiatan.

Lebih lanjut Kapolri mengungkapkan kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan. Dia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat muda agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Kita menstimulus kegiatan ini bersama Bapak Panglima sekaligus mengajak, mengimbau masyarakat generasi muda bahwa kepedulian terhadap lingkungan baik itu penghijauan, baik itu penanaman mangrove, baik itu penebaran benih ikan, udang, dan lain-lain," tuturnya.

"itu semua merupakan tanggung jawab moral kita bersama untuk kita menyiapkan generasi kita yang lebih baik nanti ke depan," tukas Idham.

(Fahmi)
close