Notification

×

Iklan

Iklan

Heboh ASN Berdinas di Pemkab Lahat Diduga Tidak Netral, Dukung Calon Bupati Dilaman Akun Facebook

Wednesday 20 March 2024 | 15:13 WIB Last Updated 2024-03-20T08:20:36Z
LAHAT    |  BIN.Net  -  Diduga salah satu aparat sipil negara yang berdinas di pemerintahan daerah kabupaten Lahat inisial RT tidak netral dan masuk ke ranah politik dikarenakan dengan sengaja mengunggah foto bakal calon Bupati lahat periode 2024-2029 yang berinisial YM di media sosial Facebook. Rabu (20/3/2024)

Diketahui, RT merupakan ASN yang berdinas di dinas Pariwisata kabupaten Lahat dan juga merupakan mantan Camat Tanjung Sakti yang dengan sengaja mengunggah foto Bacalon Bupati Lahat YM yang bertuliskan " Roda roda berputar, Lahat Amanah, untuk Lahat lebih baik " yang di sukai 34 orang dengan 7 komentar beragam salah satu nya "gass poll".

Menurut undang undang ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat.

Ketua GRPK RI Kabupaten Lahat, Saryono Anwar menanggapi dengan adanya dugaan ketidak netralitasnya salah satu ASN di kabupaten lahat 

"Sangat di sayangkan kelakuan seorang ASN dengan tidakannya yang tidak menggunakan media sosial dengan benar, ASN tersebut sangat la berani untuk mengunggah foto Bacalon Bupati tersebut dengan kata kata seolah olah keberpihakan dengan Bacalon Bupati tersebut," kata Saryono

"Saryono berharap, agar ASN tersebut dapat menyadari kesalahannya dan kepada pihak berwenang yaitu atasannya PJ Bupati Lahat dapat mengambil tindakan tegas untuk ketidak netralitasnya seorang ASN yang telah melanggar undang undang yang telah di atur," tandanya.

Sementara itu, saat di konfirmasi awak media melalui pesan WhatsApp ke no pribadi RT untuk bertanya perihal status yang di unggahnya.

Ia pun menjawab “Wasss… Maaf dide kruan.. Aku.. Tu ape maksud te… Titu." kata RT dengan logat bahasa Lahat

Pewarta: Nita

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close