Notification

×

Iklan

Iklan

Ngahuma Kolaborasi antara Ketahanan Pangan dan Budaya Parakanmuncang

Wednesday 10 January 2024 | 17:07 WIB Last Updated 2024-01-10T10:08:51Z
BOGOR   |  BIN.Net  - Ngahuma (menanam padi diladang / darat) kolaborasi antara ketahanan pangan dan budaya, yang di inisiasi Mauludin Kepala Desa (Kades) Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

PT. Aneka Tambang (Antam) Pongkor Tbk, Pemerintah Kecamatan Naggung, Kasepuhan Urug Lebak Kampung Adat Urug, serta Kesatuan Keluarga Besar Kasepuhan (KKBK) Jawa Barat - Banten sebagai pendukung kegiatan Ngahuma yang berlokasi di Kampung Cogreg Rt 03 / 03.

Kegiatan Ngahuma turut dihadiri Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bogor dan para kasepuhan Kampung Cogreg, tokoh masyarakat Desa Parakanmuncang.

Sebelum menjalankan programnya, Mauludin mengaku meminta petunjuk dari kasepuhan Kampung Urug, dalam hal pembimbingannya. 

"Awalnya pada tahun 2020 saya ingin menanam padi huma, makanya saya meminta Kasepuhan Kampung Urug, untuk membimbing kami didalam cara penanaman padi huma ini," ungkapnya.

Menurut Dia, pare (padi) hasil Ngahuma bisa di panen setelah memasuki usia 5 bulan dan merupakan Pilot Project yang akan dikembangkan. 

"Saya mendapatkan bocoran panen itu kurang lebih 4 sampai 5 bulan, nantinya penanaman ini bukan hanya padi huma, namun masih banyak jenis tanaman lain nya yang bisa ditumpang sari. 

Seperti tanaman jagung, cabai, secara ekonomisnya nanti dilihat dari tumpang sari tersebut. Pilot project ini akan dijadikan contoh sebagai program desa Parakanmuncang bagi masyarakat," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, sebagai dukungan nyata dari pihak Pemerintah, Sekretaris Camat (Sekcam) Nanggung Burhanuddin akan segera melakukan sosialisasi.

"Sebagai support dari Kecamatan, kami membantu mensosialisasikannya nanti ke masyarakat, yang mana lahan tidur kita produktifkan lagi. Mudah-mudahan ini menjadi pilot project kedepannya, untuk tanam padi huma dan ini trobosan yang perdana serta mungkin nanti swadaya masyarakat," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Arif Rahman Manager CSR PT. Antam Pongkor Tbk, pihaknya siap memfasilitasi Pilot Projek yang digagas oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Parakanmuncang.

Kami dari Antam amat suport sekali, kegiatan tanam padi huma 'Ngahuma' yang diselenggarakan oleh pemerintah desa parakanmuncang bersama kelompok tani ini menjadi poin fokus untuk kami CSR Antam ditahun ini dan kedepan salah satunya iyalah ketahanan pangan jadi," pungkasnya. 

Laporan   :  Raka Bayu Kamajaya

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close