Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Lahat Buka Gebyar Festival Kuda Kepang se-kabupaten Lahat Tahun 2023

Saturday 25 November 2023 | 16:32 WIB Last Updated 2023-11-25T09:32:55Z
LAHAT   |  BIN.Net   -  Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Gelar Festival Kuda Kepang, pagelaran tersebut berlangsung di Lapangan RD PJKA Gunung Gajah Lahat, Kecamatan Lahat, Sabtu, (25/11/23).

Pada acara pembukaan, Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH., yang membuka langsung acara tersebut mengatakan, " Budaya Kuda Kepang yang berasal dari pulau jawa wajib dilestarikan serta dijaga kelestariannya, mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar serta kaya akan Budaya, sengga dengan adanya Festival tersebut dapat memberikan hiburan kepada warga Kabupaten Lahat dan mengenalkan kepada para kawula muda akan adanya Budaya Kuda Kepang khususnya Kabupaten Lahat." Ujar Cik Ujang 

Cik Ujang berpesan kepada para peserta agar tetap menjaga adat dan budaya tersebut, sehingga kedepan tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Sementara itu, Niel Aldrin, kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, "adanya festival kuda Kepang adalah guna melestarikan keberadaan kuda Kepang di Kabupaten Lahat, sekaligus sebagai persembahan pemkab Lahat kepada masyarakat dalam rangka berakhirnya kepemimpinan Cahaya ditahun 2023.

“Ini kita untuk warga Lahat, semoga terhibur,” tandasnya.

"Festival ini tujuannya untuk memupuk rasa kecintaan dan kesadaran akan pentingnya melindungi dan melestarikan serta memberi pemahaman pada masyarakat tentang nilai-nilai seni dan pentingnya usaha pemeliharaannya, jumlah peserta sebanyak 20 kelompok berasal dari seluruh kabupaten Lahat juri sebanyak lima orang yaitu dari pengliat kesenian dan seniman" jelas Niel

Setelah itu, H. Cik Ujang beserta Forkopimda disuguhkan dengan tarian-tarian kuda kepang dari peserta, diketahui kegiatan tersebut bakal bwrlangsung selama 2 hari kedepan.

Pewarta: Nita

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close