Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Wakil Bupati Lahat Hadiri Perayaan HUT IBI ke 72 Tahun 2023.

Tuesday 5 September 2023 | 16:15 WIB Last Updated 2023-09-05T09:16:19Z
LAHAT  |  BIN.Net  -  Wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE.MM menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan seminar sehari peran Bidan dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di kabupaten Lahat yang dilaksanakan di Gedung Kesenian kabupaten Lahat. Selasa (5/9/2023)

Turut hadir dalam perayaan HUT ke-72 IBI tersebut ketua TP PKK kabupaten Lahat, ketua GOW, ketua DWP, Kadis Kesehatan, Asisten 1, Dirut RSUD kabupaten Lahat, beserta undangan lainnya, dan ratusan bidan di Kabupaten Lahat.

Adapun tema dalam acara tersebut yaitu "Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayaan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti."

Dalam laporannya Ketua IBI Cabang Lahat, Hj Yetty Ruspiani SST menyampaikan bahwasanya, anggota IBI cabang Lahat sekarang berjumlah 1.139 bidan yang tersebar di 16 ranting di Kabupaten Lahat. Bidan sebagai anggota IBI memberikan pelayanan kebidanan kepada semua tatanan pelayanan kesehatan yaitu, pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier bagi saudara-saudara bidan seluruh kabupaten Lahat untuk memberikan pelayanan kebidanan dengan tetap menjaga kualitas pelayanan dan meningkatkan kemampuan. 

"Sesuai dengan perkembangan Iptek tema hari ini ini yang ke-72 adalah "Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti". Ini merupakan target yang akan dicapai oleh seluruh bidang Indonesia, dimana melalui pembangunan berkelanjutan ke depannya semoga predikat dapat dilalui oleh para Bidan Indonesia khususnya Kabupaten Lahat nanti berdampak pada penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten," sampai Hj Yetty Ruspiani.

Sementara Bupati Lahat H Cik Ujang SH yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lahat mengatakan pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada Ikatan Bidan Indonesia yang ke-72. Seiring bertambahnya usia, kami mengharapkan IBI dapat terus tumbuh, terus meningkatkan kualitas nya, dan memberikan kontribusi yang prima dalam melayani masyarakat, sejalan dengan slogan Kabupaten Lahat "berCahaya", mantapkan kinerja dalam bekerja dan melayani. 

“Saya berharap IBI dapat terus tumbuh, berkembang, dan meningkatkan kualitasnya, baik dalam kematangan organisasi maupun dalam melayani masyarakat” ucap Haryanto 

Tidak lupa dirinya juga mendorong IBI untuk dapat terus berkiprah dalam upaya pemulihan setelah terjadinya pandemiik covid-19 yang berkepanjangan, serta dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa bidan memiliki peranan penting dan strategis sebagai ujung tombak dalam memajukan dan meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, bayi dan balita. Terutama dalam mendukung peran ibu untuk mengupayakan pemenuhan gizi dalam pencegahan stunting agar selama kehamilan dapat memprioritaskan asi serta pola pengasuhan yang benar.

“Pemerintah Daerah siap mendukung dan memfasilitasi pengembangan kapasitas para bidan, baik melalui pelatihan, Pendidikan, maupun pengadaan sarana dan prasana” pungkas Wabup Lahat

Tak hanya itu, IBI Kabupaten Lahat juga memberikan bantuan kepada 10 ibu hamil. 

Pewarta: Nita

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close