Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Menjelang Pemilu 2024, Polres Samosir Melakukan Pelatihan Simulasi Pengendalian Massa.

Saturday 12 August 2023 | 18:53 WIB Last Updated 2023-08-12T11:55:20Z
SAMOSIR | BIN.Net  -  Dalam upaya memastikan keamanan dan kelancaran proses Pemilihan Umum 2024, Polres Samosir telah melaksanakan Pelatihan Pengendalian Massa yang berlangsung di Lapangan Mako Polres Samosir, pada hari Sabtu (12/08/2023)

Hal ini langsung disampaikan oleh Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman melalui Humas Polres Samosir Vandu Marpaung.

"Dalam konteks kerusuhan yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilu 2024, Polres Samosir telah bergerak proaktif dengan mempersiapkan Pleton Pengendalian Massa," ujar Kapolres Samosir.

" Pleton ini sedang menjalani pelatihan intensif, termasuk dalam kegiatan Pleton Dalmas Awal, Tim Negosiator, dan Pleton Dalmas Lanjutan. Tidak hanya itu, personel Polres Samosir juga telah ditugaskan sebagai massa sebagai langkah antisipatif," tambahnya.

Pelatihan Pengendalian Massa ini berlangsung di bawah pengawasan ketat beberapa perwira tinggi Polres Samosir. Wakapolres Samosir Kompol S. T Panggabean, S. H menjadi Pengawas Pelatihan, sementara Kabag Ops Kompol M. Hasan, S. H., M. H bertindak sebagai Pengawas dan Pengendali. Pelatih Pleton Dalmas dijabat oleh Kasat Samapta AKP Tito Juardi, sementara Kasat Binmas IPTU H Rajagukguk bertanggung jawab atas pelatihan Tim Negosiator. Seluruh personel dan pelaksanaan pelatihan dipantau oleh Kasi Propam IPDA Darmono Samosir, S.H.

Sebelum memulai pelatihan, Kasi Propam Polres Samosir melakukan pemeriksaan kelengkapan personel sesuai dengan pleton dan tim yang telah ditugaskan.

Kekuatan Dalmas Polres Samosir terdiri dari berbagai pleton dan Tim yakni :

1. Danton Dalmas Awal Bripka H. Silitonga yang beranggotakan 31 personel, dilengkapi dengan peralatan Tali Dalmas.

2. Danton Dalmas Lanjutan Briptu Egidium Silitonga yang beranggotakan 31 personel, dilengkapi dengan peralatan Baju Dalmas, Tameng, Tongkat, dan Gas Air Mata.

3. Tim Negosiator yang dipimpin oleh Aiptu HL Situmorang dan beranggotakan 12 personel, dilengkapi dengan peralatan Pengeras Suara.

4. Tim Patroli sebanyak 4 personel, Pengamanan Lalu Lintas dengan 14 personel, Pengamanan Tertutup oleh 12 personel, Tim Penegakan Hukum oleh 14 personel, serta melibatkan tenaga kesehatan, driver, dokumentasi, dan pengawasan personel.

Dalam simulasi pengendalian massa di depan Kantor DPRD, massa yang sedang menyampaikan aspirasi disimulasikan bertemu Anggota DPRD Kabupaten Samosir. Tim Negosiator dan Dalmas Awal berusaha mencegah akses massa ke gedung DPRD, sambil menjaga dialog yang sopan. Ketika situasi memanas dan tegang, Dalmas Lanjutan turun tangan untuk membubarkan massa dengan taktik berlindung, siaga, dan dorongan maju dan massa pun dapat dibubarkan dengan peragaan bentyk formasi paruh lembing. 

Kabag Ops Polres Samosir mengakhiri kegiatan ini dengan menyoroti beberapa poin penting yakni :

1.Pelatihan Pengendalian Massa akan berlangsung setiap hari Sabtu.

2.Persiapan matang ditekankan dalam menghadapi Pemilu 2024 dan pelaksanaan Ops Mantap Brata.

3.Pelatihan ini tidak hanya berfungsi untuk menghadapi massa, tetapi juga sebagai pengganti kegiatan olahraga.

3.Selain Kesipan Polres Samosir dalam menghadapi massa, Seluruh personel diingatkan untuk terus berdoa demi kelancaran Pemilu 2024.

4.Rencananya, akan ada latihan Sistem Pengamanan Kota dengan simulasi situasi nyata.

Dengan pelatihan dan persiapan yang komprehensif ini, Polres Samosir menunjukkan komitmen kuatnya dalam menjaga ketertiban dan menghadapi situasi yang mungkin timbul selama tahapan Pemilu 2024.

Pewarta : Ambrosius Simbolon

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close