Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Desa Puraseda Kec.Leuwiliang Mempunyai Banyak Potensi Pariwisata

Wednesday 12 July 2023 | 17:32 WIB Last Updated 2023-07-12T10:32:50Z
BOGOR | BIN.Net - Pariwisata adalah sektor yang menggairahkan, di dalam peningkatan ekonomi masyarakat sehingga mampu menembus semua akses persendian ditingkat akar rumput.

Salah satunya diwilayah Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, dengan memiliki lebih dari 8 titik lokasi destinasi wisata, yang harus ditangani oleh Sumber Daya Manusia (SDM).

"Hal itu sedang kita jalankan progresnya, yang kami awali dengan pembentukan kelompok sadar wisata atau pokdarwis desa," terang Asep Ruhiyat Kepala Desa (Kades) Puraseda dalam obrolan santai di Rumahnya Selasa 12 Juli 2023.

Menurutnya, Pokdarwis Desa Puraseda, dalam pengelolaannya harus benar - benar Profesional, agar tidak terjadinya silang sengketa dikemudian hari.

"Kami sangat mengharapkan dengan adanya pengelolaan wisata profesional, agar semuanya terakomodir, saat ini kami masih melakukan seleksinya untuk hal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Taufik Pendamping 3 Desa (Puraseda, Purasari serta Karya Sari) menyatakan, sangat luas ada potensi pariwisata yang dikembangkan di dalam membuka peluang untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. 

"Utamanya untuk peningkatan ekonomi masyarakat, sebenarnya desa Puraseda mempunyai banyak potensi pariwisata, salah satunya kepemilikan Curug yang sangat banyak. Selain itu ada pelaku usaha yang membuat gula aren, yang dapat dimasukan kedalam umkm," ucapnya.

Menurut Ia, Desa Puraseda telah memiliki penunjang yang cukup, dalam menjalankan kegiatannya untuk mencapai langkah selanjutnya. 

"Pertama ada pasar desa, kedua salah satu desa yang potensi wisatanya juga cukup banyak selain Curug. Termasuk umkm yang memproduksi gula aren, jika desa Puraseda mempunyai kuliner khas, tentunya itu menjadi wisata kuliner terus ada seren taun bisa juga menjadi wisata budaya." pungkasnya.

 (Adhi Wijaya).
close