Notification

×

Iklan

Iklan

Puncak Peringatan HUT Pol PP, Linmas, dan Damkar Sukses Digelar di Lembah Tidar Jawa Tengah

Thursday 16 March 2023 | 18:19 WIB Last Updated 2023-03-16T11:19:44Z
MAGELANG, BIN.Net | Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), serta ke-104 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sukses digelar di Kota Magelang, Rabu (15/3/2023). Kegiatan tersebut mengusung tema “Dari Tidar Pakunya Tanah Jawa untuk Indonesia; Siap Menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024”.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA dalam sambutannya menyampaikan, kewibawaan pemerintahan ditentukan oleh sejumlah hal, salah satunya dari kinerja jajaran Pol PP, Sat Damkarmat, dan Satlinmas yang hadir dan dirasakan langsung masyarakat. Peran jajaran stakeholder itu diperlukan untuk menciptakan ketenteraman di lingkup masyarakat.

“Kerja kolaboratif antara Pol PP, Damkarmat, Linmas, TNI/Polri, Kejaksaan, Basarnas, serta Ormas sangat dibutuhkan dalam menciptakan ketenteraman dan ketertiban umum. Hal ini nyata terbukti dalam penanganan Covid-19 selama ini. Hal ini patut diapresiasi,” ujar Safrizal yang juga merupakan Wakasatgasnas Covid-19 tersebut.

Di sisi lain, melihat kondisi ekonomi dunia saat ini yang penuh dengan ketidakpastian, pengendalian inflasi menjadi hal penting untuk dilakukan. Karenanya, tambah Safrizal, sukses penanganan Covid-19 perlu direplikasi dalam upaya pengendalian inflasi. 

"Sebagaimana amanat Menteri Dalam Negeri, success story dalam penanganan Covid-19 dapat direplikasi pengendalian inflasi. Hal inilah yang menjadi tantangan dan saya yakin melalui jembatan kolaborasi bersama instansi terkait, Satpol PP, Sat Damkarmat dan Satlinmas dapat mengambil peran aktif sehingga terwujud iklim investasi yang mampu menggerakkan aktivitas ekonomi,” tambahnya.

Sementara itu, dalam acara tersebut turut diluncurkan aplikasi SiPraja. Aplikasi tersebut dibangun dengan memanfaatkan teknologi digital informasi untuk melakukan monitoring dan pelaporan terhadap pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

“Melalui aplikasi ini penegakan Perda dan Perkada dapat terus diperkuat. Datanya real time dan respons penanganannya cepat. Sekali lagi Dirgahayu Satpol PP, Sat Damkarmat, dan Satlinmas dari Tidar Pakunya Tanah Jawa untuk Indonesia,” tutup Safrizal.

Di sisi lain, dalam keterangannya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Satpol PP, Satdamkarmat, dan Satlinmas memiliki peran penting dalam melayani masyarakat. Dia berpesan agar hal tersebut dapat dioptimalkan dengan menjunjung tinggi integritas.

"Junjung tinggi integritas dan jaga kepercayaan, karena kita bekerja demi kemanusiaan,” pungkas Ganjar.

Sebagai informasi, turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Wakil Wali Kota Magelang, Kepala Satpol PP Jateng, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, perwakilan TNI/Polri termasuk Akademi Militer serta Basarnas.

(Adi Wijaya)
close