Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Berhasil Dalam Implementasi JKN, Pemkab Pelalawan Terima Penghargaan UHC, Zukri : Semua Berkat Dukungan Semua Pihak.

Tuesday 14 March 2023 | 22:08 WIB Last Updated 2023-03-14T15:08:59Z
PELALAWAN, BIN.Net  | Pemerintah Kabupaten Pelalawan di bawah kepemimpinan Bupati H Zukri menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan UHC diberikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian kepada Pemkab Pelalawan, yang diterima langsung oleh Bupati H Zukri bersama 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia di ajang nasional bergengsi yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Tema yang diusung pada acara ini adalah 'UHC sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Masyarakat Indonesia.'

Kriteria yang diberikan penghargaan yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Pelalawan H. Zukri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 422 907,00 jiwa, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan. Salah satunya diwujudkan dengan menyediakan pembiayan untuk tercapai jumlah kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC).

“Hasil ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Sebanyak 97.7 Persen Masyarakat Pelalawan telah mengantongi Jaminan Kesehatan,”ucap H Zukri.

Ditambahkan H Zukri, Ia berharap dengan tercapainya UHC di Kabupaten Pelalawan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini.

“Terutama meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Pelalawan. Semoga UHC di Pelalawan terus dapat dipertahankan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu,” tutup H Zukri.

Laporan : Rian

Copyright Barometer Indonesia News
close