Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Pemkab Lahat Beri Subsidi BBM Pelaku Angkutan Umum

Friday 30 December 2022 | 20:31 WIB Last Updated 2022-12-30T13:31:05Z
LAHAT, BIN.Net | Untuk mengurangi dampak inflasi, salah satunya di sektor transportasi umum, Pemerintah Kabupaten Lahat memberikan subsidi kepada para pelaku angkutan umum.
Yakni berupa bantuan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Jum'at (30/12/2022)

Pemberian subsidi untuk sektor transportasi umum tersebut dilakukan di Halaman Pemkab Lahat, yang dihadiri para pelaku angkutan umum, Organda, hingga pihak SPBU.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 134/PMK.07/2022 pasal 2 memberikan amanah dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial yang pada ayat 2 huruf (c) digunakan untuk pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah. 

Sementara itu, Kadishub Lahat Ir.H.Agustia Budiman MM menjelaskan, pemberian subsidi BBM berupa voucer pengisian BBM.

“Semua ini, bertujuan untuk menekan kenaikan ongkos bagi penumpang baik angkutan pedesaan maupun ojek akibat kenaikan BBM. Untuk Angdes 66 kendaraan, setiap kendaraan selama tiga (3) bulan terima Rp.2.700.000, jadi total sebesar Rp. 178.200.000. Sedangkan ojek pangkalan 375 kendaraan, setiap kendaraan selama tiga (3) bulan terima Rp.900.000′-. jadi total sebesar Rp.337.500.000′-,” ucapnya.

“Para pengemudi yang nantinya memperoleh subsidi ini juga akan menerima voucher, yang dapat ditukarkan saat mengisi bahan bakar. Kendaraan yang digunakan tersebut juga nanti akan ditandai dengan stiker khusus dari kami,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan “Pemerintah pusat meminta daerah untuk mengalokasikan belanja wajib dalam rangka penanganan inflasi dampak dari adanya kenaikan harga BBM, kegiatan ini kita sosialisasikan, kita memberikan subsidi BBM dan sembako ini kepada pelaku sektor transportasi umum ini,” Jelas Bupati Lahat

Subsidi BBM bersumber dari APBD Kabupaten Lahat tahun 2022 tersebut menyasar kendaraan umum, khususnya angkutan penumpang yang melayani angkutan kota dan angkutan pedesaan yang beroperasi di Kabupaten Lahat

Menurut Bupati, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk penanganan dampak inflasi di Kabupaten Lahat, yang kemudian dialokasikan untuk berbagai sektor seperti transportasi, UMKM, dan sebagainya. Sehingga dampak inflasi di Kabupaten Lahat bisa sedikit di minimalisir.

Mengingat sektor transportasi umum penting, diharapkan dengan adanya subsidi yang diberikan tersebut para pelaku angkutan umum bisa tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada bantuan subsidi BBM ini kepada para pelaku angkutan umum, Inilah bentuk perhatian Bapak Bupati semuanya khsususnya sektor transportasi, mudah-mudahan ini bermanfaat dan sedikit meringankan beban pelaku angkutan ini, harapan kita bapak ibu tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Bupati Cik Ujang

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang.SH, Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto. SE. MM. MBA, Sekretaris Daerah Lahat Candra. SH, MM, wakil Ketua II DPRD Lahat Gaharu SE, MM, Anggota DPRD Lahat H. Nopran Marjani MSi, unsur Forkopimda, Kasat Pol-PP Herri Kurniawan SSTP, MM, TBUPP, seluruh Asisten, staf Ahli, OPD, Kabag, Kabid, Badan dilingkungan Setda Lahat, Camat Kota Lahat, Camat Lahat Selatan, Camat Merapi Barat, Camat Pulau Pinang, ratusan sopir Angdes dan Pangkalan Ojek serta tamu undangan lainnya.

Laporan : Nita
close