Notification

×

Pemuda Katolik Komisariat Cabang Samosir Sampaikan Pernyataan Sikap Atas Dugaan Berita Hoax

Wednesday 9 November 2022 | 10:24 WIB Last Updated 2022-11-09T03:24:05Z
SAMOSIR, BIN.Net | | Sehubungan dengan beredarnya berbagai bentuk pengakuan dukungan dan berita yang diduga Hoax. Yang mana mengatasnamakan agama, serta menyeret dan mencatut nama Gereja Katolik dalam isu dukungan kepada salah satu nama bakal calon Presiden tahun 2024 mendatang, Pemuda Katolik Komisariat Cabang Samosir menyampaikan Pernyataan Sikap pada Selasa (08/11/2022) di Pangururan.

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Samosir Polten Simbolon SE, MM didampingi Sekretaris Cabang Rihard Pardosi, SE, Wakabid Organisasi Pemuda Khatolik Komda Sumut Reinheart Tamba, ST, Wakabidang Organisasi Carter Sitanggang, Wakabidang Kaderisasi Jimmi Saing, Wakabid Hukum politik dan Pemerintahan Brans RW Simalango, Anggota Maurid Gultom, S.Pd, dan Josner Sitanggang, menyampaikan 6 (enam) butir isi pernyataan sikap yakni :

1. Mengingat pemilu 2024 masih 2 tahun lagi, Pemuda Katolik Komcab Samosir menghimbau kepada elit politik dan Pemerintah agar fokus menyelesaikan masalah rakyat.

2. Pada pemilu 2024 nanti, agar masing-masing menggunakan cara-cara yang bertanggung jawab serta menyampaikan informasi yang benar kepada publik tidak hoax (kebohongan).

3. Video 'adanya 70 Pastor yang mendukung salah satu calon Presiden di Siantar' adalah upaya provokasi dan memecah-belah persaudaraan diantara umat.

4. Mendesak Aparat Penegak Hukum supaya mengusut tuntas berita yang tidak benar tersebut.

5. Kepada masyarakat diminta untuk kritis dan menelaah setiap berita yang tidak berdasarkan informasi dan fakta yang tidak akurat. Pemuda Katolik Komisariat Cabang Samosir menolak berbagai bentuk upaya pecah belah bangsa dengan menggunakan dan mengatasnamakan agama dalam kontestasi pemilu 2024.

6. Pemuda Katolik Komcab Samosir mengutuk keras pembuat/penyebar berita hoax dan segala upaya pembohongan publik.

Polten juga mengatakan bahwa Gereja Katolik sungguh dan teramat menjaga kontestasi Pemilu yang bermartabat.

"Pemuda Katolik Komcab Samosir mendukung berbagai bentuk upaya kesejukan dan keberagaman ber-Bangsa dan ber-Negara, seperti yang terjadi pada Pesparani Nasional di Kupang. Dan kegiatan tersebut hendaknya menjadi role model terhadap keberagaman di NKRI,"jelasnya. 

Selain itu, Polten juga mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan sosialisasi ke Gereja Katolik yang ada di Kabupaten Samosir.

"Supaya masyarakat jangan sampai terpecah-belah akibat berita hoax yang beredar," pungkasnya.

Ambro.S
close