Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Atasi Stunting Dengan GASPOL, Bupati Lahat Launching Aplikasi Sipenting

Monday 31 October 2022 | 19:13 WIB Last Updated 2022-10-31T12:13:29Z
LAHAT,  BIN.Net | | Pemerintah Kabupaten Lahat terus berkomitmen dalam upaya pencegahan stunting. Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat melakukan launching Program Percepatan Penurunan Stunting yaitu Gerakan Cegah Stunting Melalui Aplikasi sistem informasi penanggulangan stunting (Sipenting). Senin ( 31/10/2022 )

Stunting merupakan kondisi ketika balita memiliki tinggi badan dibawah rata-rata. Hal ini diakibatkan asupan gizi yang diberikan, dalam waktu yang panjang, tidak sesuai dengan kebutuhan. Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Stunting merupakan acaman Kedepan tumbuh kembangnya anak Indonesia tanpa terkecuali termasuk halnya di Kabupaten Lahat, Bupati Lahat CIK Ujang SH tak hentinya melaksanakan program Gaspol Stunting hingga Zero, bertempat di Halaman Kantor Dinkes Kabupaten Lahat Launcing percepatan Stunting sistem Informasi penanggulangan Stunting.

Taufik Maryansa Putra SKM.MM pada laporan nya mengawali Launcing Aplikasi Stunting masih tingginya angka anak yang bertubuh pendek, masalah Stunting sangat tinggi, anak tersebut tingkat kecerdasannya rendah, 300 Trilyun satu tahunnya . Untuk itulah di luncurkan Aplikasi dengan didukung Stickholder, gerakan anti stunting hingga nol. Perlu dike tahun tahun 2018 48,1% tahun namun setelah masa kepemimpinan CIK Ujang turun menjadi 4 % hendaknya pada tahun 2024. Stunting harus 14 %, perlunya diterapkan bapak asuh Stunting. Karena hal ini belum maksimalnya penanganan Stunting. Harapan kita Tim Percepatan Stunting bersinergi demi tercapainya Lahat bebas Stunting Gaspol hingga nol.

Sementara itu mewakili Kades Se- Kabupaten Lahat Firmansyah mengatakan " Alhamdulillah Kecamatan Merapi Barat akan tetapi kita sampaikan Alhamdulillah namun mudah-mudahan untuk ke depan ini harapan kami terutama Kabupaten Lahat bahwa program Pak Bupati dan Dinas Kesehatan ini maka stunting kita ini 0%. Itu harapan kami karena. Permasalahan yang ada di Kabupaten Lahat adalah permasalahan yang ada di desa tentu larinya ke kepala desa maka di sini kami atas nama kepala desa se Kabupaten Lahat sangat mendukung penurunan Stunting di Kabupaten Lahat.

Hal yang mengejutkan Bupati Lahat CIK Ujang SH merasa marah dengan ditemukannya Anak Stunting di Desa Sukamarga Kecamatan Merapi Barat sebanyak 138 anak menurut Bupati Stok pile harusnya pihak perusahaan benar memperhatikan warga disana bagaimana caranya. Cik Ujang berharap dengan adanya gerakan atasi Stunting sampai nol ( Gaspol). melalui Aplikasi Stunting informasi penanggulangan Stunting ( sipenting) dapat menurun kan Stunting di Kabupaten Lahat.

Laporan : Nita
close