Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Cetak Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Gelar Pelatihan Ratusan Calon Tenaga Kerja

Monday 5 September 2022 | 18:46 WIB Last Updated 2022-09-05T11:46:58Z
BREBES, BIN.NET || Cetak Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Gelar Pelatihan
Ratusan calon tenaga kerja dari berbagai daerah digembleng ketrampilan, agar menjadi tenaga kerja trampil yang siap pakai. Mereka dilatih ketrampilan untuk ditempatkan di berbagai perusahaan yang ada di Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). 

“Kami menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kab Brebes, Warsito Eko Putro, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/8).

Pelatihan, lanjut Eko, tahun ini dua tahap. Tahap pertama sudah berlangsung dengan 4 angkatan yang digelar secara terpisah diberbagai Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Keempat LPKS tersebut yakni LPKS Langgeng Mulyo (Brebes), LPKS Henita (Bulakamba), LPKS Tri Mitra Industri (Tanjung) dan LPKS Annur (Kersana). 

“Masing-masing angkatan diikuti 42 orang,” terang Eko.

Tujuannya, masih kata Eko, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang siap kerja dalam rangka pengentasan pengangguran di Kab. Brebes. Pelatihan yang berlangsung sejak 22 Agustus hingga 3 September 2022 dibiayai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Adapun jenis pelatihan yang diberikan berupa menjahit garmen dan upper Shoes. Mereka yang telah lulus direkomendasika keberbagai perusahaan di antaranya di PT SMJ, OSAGA, BIG, dan DAEHAN.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes Tety Yuliana MPd mengaku bangga dengan minat generasi muda Brebes yang tekun menambah ketrampilan dalam menghadapi dunia kerja. Apalagi, Kabupaten Brebes membutuhkan tenaga kerja trampilan sesuai dengan kompetensinya. 

“Seiring industrialisasi di Brebes, Pemkab hadir untuk menyiapkan tenaga trampil sesuai kebutuhan perusahaan,” terang Tety.

Kata Tety, sudah ada 15 perusahaan di KIB dan 30 perusahaan yang beroperasi di KPIB. Investor lain terus mengantri beroperasi sambil menyelesaikan perijinan. Menurutnya, Kabupaten Brebes masih membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pengembangan KIB dan KPIB. (Agusto)
close