Notification

×

Iklan

Iklan

Pj. Bupati Kampar: Sambut Tahun Baru Muharram, Dengan Perbanyak Do’a Dan Zikir Kepada Allah SWT

Sunday 31 July 2022 | 22:41 WIB Last Updated 2022-07-31T15:41:50Z
KAMPAR, BIN.Net | | Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM membuka secara resmi pekan Muharram di Desa Sempena Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah di Desa Naumbai Kecamatan Kampar.(30/7)

Turut hadir di antaranya Camat Kecamatan Kampar Drs.H.Amir Yudo.M.Si, Kepala Desa Naumbai M. Zulhasni.SE.SY, Ninik Mamak,Tokoh masyarakat Dr.Ilyas HU dan Seluruh Masyarakat desa Naumbai.

Pj Bupati Kampar menyampaikan agama Islam mengajarkan sebagai umat muslim dalam menyambut tahun baru Hijriah dengan memperbanyak doa kepada Allah SWT serta zikir bersama agar mendapatkan rahmat serta keutamaan bulan Muharram.

“Salah satu makna yang bisa kita ambil adalah dengan tahun baru Islam ini semakin menguatkan keislaman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT”ujarnya.

Kamsol menyampaikan selain itu makna 1 Muharram menjadi pengingat pentingnya akhlak mulia sering kita dengar bahwa berilmu saja tidak berguna jika anda tidak berakhlak, Akhlak mulia akan menjadi pendorong kita untuk dapat terus membuat baik dan menebar kebaikan kepada banyak orang yang kemudian hasil kebaikan itu akan kita tuai kembali di kemudian hari.

Kamsol juga mengatakan penentuan tahun baru Islam tidak didasari dengan kelahiran tetapi pada peristiwa dan ini memperlihatkan Islam merupakan agama yang progresif bergerak terus maju tidak dan bergerak dari satu peristiwa menuju ke peristiwa yang lainnya sesuai perkembangan zaman kebutuhan tempat dan kebutuhan manusia yang hidup pada saat tersebut.

Pekan Muharram itu juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan Ustad Kariman Ibrahim. MH yang menyampaikan Bulan Muharram merupakan salah satu di antara Empat bulan yang dinamakan bulan haram.

Ustazd Kariman Ibrahim juga mengatakan sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah ketika menciptakan langit dan Bumi, di antaranya Empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.

“1 Muharram disebut juga dengan Bulan Allah. Pada bulan suci ini umat Muslim dianjurkan memperbanyak puasa di bulan Muharram, salah satunya puasa sunah Tasu'a pada Muharram dan Asyura pada 10 Muharram”tutupnya.

Laporan : Rian
close