Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Minta Guru Lakukan Pendekatan Kepada Anak..

Thursday 19 May 2022 | 21:14 WIB Last Updated 2022-05-19T14:14:07Z
KAJEN, BIN.Net | |  Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, SE., MM. meminta guru-guru di Kabupaten Pekalongan dapat melakukan pendekatan yang baik terhadap anak didiknya. Hal ini diungkapkan bupati pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam Penulisan Buku Pelajaran Berdasar Buku di Hotel Santika Kota Pekalongan, Rabu (18/5). Kegiatan Diklat PKB ini diikuti oleh 75 orang guru mata pelajaran dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya pada bupati menyampaikan bahwa pada usia sekolah dasar seperti SMP merupakan usia dimana anak ingin tahu dan selalu ingin mencoba hal-hal baru Oleh karenanya perlu dilakukan pendekatan yang baik dengan anak, “Yang paling penting adalah untuk memberikan pendekatan kepada anak-anak karena pada saat anak SMP, mereka biasanya ingin tau ke dunia-dunia baru” ujar bupati.

Pendekatan yang dimaksud bupati tersebut adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan anak-anak didik melalui pendekatan emosional, “Jika nak-anak melakukan sesuatu yang kurang baik tetapi jika kita dapat melakukan pendekatan sebagai sahabat sebagai orang tua yang baik Insya Allah mereka akan berada di jalannya,” kata bupati kepada peserta diklat yang hadir.

Bupati juga meminta kepada guru agar tidak memarahi anak ketika anak berbuat kenakalan tetapi dapat menerapkan pendekatan tersebut. Jika guru sangat dekat dengan anak didiknya menurut Fadia akan lebih mudah bagi guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi anak bahkan dapat membantu mencarikan solusi yang terbaik bagi anak.

Selain itu, bupati menekankan kepada guru-guru di Kabupaten Pekalongan untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Guru diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Serta tidak lagi menerapkan teknik mengajar terdahulu yang tidak sesuai untuk anak-anak sekarang, “Jangan berbuat sesuatu yang seharusnya tidak kita lakukan. Berbuat sesuatu yang jaman dulu kita alami dan rasakan karena sekarang jamannya sudah berbeda tapi lebih coba lakukan pendekatan kepada anak-anak,” ucap bupati

Pada kesempatan tersebut bupati juga mengajak kepada guru-guru untuk dapat bersama-sama merangkul anak-anak di Kabupaten Pekalongan dan menjadikanya sahabat baik karena anak-anak merupakan calon-calon pemimpin masa depan dan kebaikan-kebaikan yang guru lakukan akan selalu diingat oleh anak-anak didiknya sampai kapanpun.

(Dhodi R /Tim Prokompim Kab. Pekalongan)
close