-->
MEDIA BAROMETER INDONESIA NEWS. TAJAM DAN AKURAT

Komandan Pasmar 3 : Salah Satu Tugas Pokok Korps Marinir adalah Operasi Militer selain Perang

PAPUA BARAT, BIN.Net  || Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E memimpin langsung upacara briefing pembukaan latihan penanggulangan bencana alam Pasmar 3 TA. 2021 yang berlangsung di Shelter Menkav 3 Marinir Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Rabu (24/11/2021).

Kegiatan yang bertema “Satgas PBA Pasmar 3 Melaksanakan Penanggulangan Bencana Alam Di Sorong Papua Barat Dalam Rangka Mendukung Tugas Kogasgabpad” tersebut ditandai dengan laporan Komandan Upacara (Danup) Mayor Mar Johan Haryanto, M.Tr.Opsla selaku Komandan Batalyon Latihan (Danyonlat) kepada Inspektur Upcara (Irup) dan pemasangan secara simbolis tanda peserta latihan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Komandan Pasmar 3 dalam sambutannya mengatakan, Korps Marinir sebagai bagian integral TNI AL dan TNI yang mempunyai salah satu tugas pokok melaksanakan tugas operasi militer selain perang dipandang perlu dibekali pengetahuan, kemampuan dan keterampilan guna meningkatkan kesiapsiagaan operasional untuk menghadapi tuntutan tugas di lapangan dalam rangka penanggulangan bencana alam.

“Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam, manusia atau keduanya yang mengakibatkan korban, penderitaan bagi manusia, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan dan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, adapun tujuannya adalah untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan prajurit Pasmar 3 dalam melaksanakan prosedur penanganan dan penanggulangan  bencana alam, memelihara dan meningkatkan keterampilan prajurit Pasmar 3 dalam melaksanakan kesiapsiagaan satuan guna menghadapi kontijensi yang terjadi terkait dengan bencana alam, dengan sasaran menguasai tentang prosedur penanganan dan penanggulangan bencana alam serta mahir dalam melaksanakan kesiapsiagaan operaional satuan guna menghadapi tugas penanggulangan bencana alam.  

“Manfaatkan kesempatan latihan ini dengan sebaik-baiknya sekaligus untuk merefres kembali kemampuan yang dimiliki, sehingga akan lebih mahir baik secara teknis maupun taktis dan sasaran latihan Satgas PBA Pasmar 3 dapat tercapai dengan baik serta sukses ,” tegasnya diakhir sambutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak dan Dansatlak Pasmar 3, Kepala Basarnas Sorong H. Moch. Arifin, S.A., dan Kepala Pelaksana BPBD Sorong Herlin D. Sasabone, S.T.,M.M., serta para tim Basarnas dan BNPD Sorong.

Editor : Adi Wijaya
Sumber : Dispen pasmar 3/Sorong

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top