Notification

×

Iklan

Iklan

Nasabah Koperasi Rizki Abadi Grudug Lapor Polres Purbalingga

Friday 8 October 2021 | 23:58 WIB Last Updated 2021-10-08T16:58:45Z
PURBALINGGA, BIN.Net || Belasan Nasabah Koperasi Rizki Abadi (RA)  yang Berpusat dibandung melapor ke Polres Purbalingga, Jumat (8/10/2021). 

Pasalnya nasabah yang mayoritas adalah pensiunan ASN dan TNI tersebut merasa menjadi korban penipuan yang nilainya bernilai hingga ratusan juta rupiah yang diduga dilakukan oleh pihak koperasi.

“Mereka ini nasabah koperasi RA. Awalnya mereka melakukan peminjaman uang ke koperasi tersebut. Agunannya adalah Surat Keputusan (SK) pensiun. Namun setelah batas waktu proses angsuran selesai, SK mereka tak kunjung dikembalikan. 

Setelah diteliti melalui slik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ternyata nasabah tersebut menunggak angsuran. Sembilan orang nasabah meminta saya mendampingi mereka,” kata pengacara nasabah, Senentyo SH, dari Kantor Hukum Senentyo dan Rekan, usai mendampingi nasabah melapor ke Polisi.

Dia menceritakan para pensiunan ASN dan TNI tersebut mengambil gaji pensiun di kantor PT Pos Purbalingga. Dari sana mereka berkenalan dengan pihak koperasi RA, karena petugas koperasi tersebut memiliki kantor perwakilan di kantor tersebut. “Mereka ditawari untuk mengajukan pinjaman dengan agunan SK Pensiun. Karena petugas koperasi mengatakan mereka bekerja sama untuk pencairan pinjaman dengan sejumlah bank,” ujar Senentyo.

Nasabah akhirnya tergiur penawaran tersebut. Mereka lalu melakukan peminjaman uang dengan jumlahnya bervariasi ada yang puluhan ada pula yang ratusan juta. Sebagai agunan SK Pensiun diserahkan ke pihak koperasi. “Namun belakangan sejumlah nasabah kecewa karena kendati pinjaman sudah lunas, SK Pensiun mereka tak kunjung dikembalikan,” ungkapnya.

Bahkan ada nasabah lain yang melakukan pengecekan ke OJK menemukan bahwa mereka masih memiliki tunggakan yang dibayarkan ke sejumlah bank pinjaman.

Padahal mereka sudah melakukan angsuran melalui pemotongan gaji pensiun setiap bulan melalui PT Pos Purbalingga dan koperasi RA. “Nasabah merasa takut karena saat ini perwakilan koperasi tersebut sudah tidak ada lagi di kantor PT Pos purbalingga” tandasnya lagi.

(Mas Yos)
Copyright Barometer Indonesia News
close