Notification

×

Iklan

Iklan

Belasan Kecamatan Di Aceh Timur Terendam Banjir Akibat Guyuran Hujan Deras

Saturday 5 December 2020 | 11:44 WIB Last Updated 2020-12-05T04:44:29Z
ACEH TIMUR, BIN.NET - Akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Aceh Timur sejak Kamis (3/12) malam, menyebabkan belasan Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur terendam banjir.Jumat, (4/12/2020).

Banjir yang merendam pemukiman warga di wilayah Aceh Timur meliputi, Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Julok, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Ranto Peureulak, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Peureulak Timur, Kecamatan Peudawa, dan Kecamatan Sungai Raya.

Kecamatan Peureulak, Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Idi Tunong, Kecamatan Idi Timur dan Kecamatan Nurussalam.

Ketinggiana air yang membanjiri pemukiman warga berkisar 50-70 cm.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi membenarkan peristiwa tersebut, dan personil dari BPBD telah turun ke lokasi titik banjir dalam wilayah Aceh Timur dengan peralatan speed boat untuk mengevakuasi warga.

“Pagi ini tim kita telah berada di Kecamatan Ranto Peureulak, Indra Makmur dan Birem Beyeun, semuanya ada tiga tim yang telah ke lokasi,” ujar Ashadi.

Ashadi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal kawasan pinggiran sungai untuk berhati-hati dan tetap waspada.

“Menurut informasi dari BMKG curah hujan Desember ini lebih lebat dari tahun–tahun sebelumnya. Untuk itu kita telah lebih awal siaga satu untuk antisipasi bencana banjir dipeghunjung tahun ini,” pungkasnya.

Sementara itu, di Kecamatan Pereulak Timur, sedikitnya 20 desa yang terendam. Dua desa diantaranya yakni Desa Tualang Pateng dan Desa Babah Kureng yang yang paling parah, ketinggian airnya mencapai 80-100 cm dan sebagian warganya harus diungsikan.

“Ada lebih kurang 100 kk yang mengungsi, dan saat ini kami telah membentuk Tim yang terdiri dari personil Polsek, Koramil dan Pegawai kantor camat untum melakukan pemantauan dan evakuasi warga yang terjebak banjir,” ujar Mukhtaruddin Camat Pelak Timur.

Pihaknya telah melaporkan Kondisi di Kecamatan Peureulak Timur kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, untuk dapat ditindaklanjuti.

“Telah kita laporkan ke pihak BPBD, dan untuk sementara pihak kita Muspika telah mengupayakan evakuasi warga terdampak banjir,” pungkas Mukhtaruddin.

Pewarta : Eva Yanti
close