Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Tanaman Hidroponik di Kantor Kecamatan Leuwisadeng

Wednesday 6 March 2019 | 10:30 WIB Last Updated 2019-03-06T03:30:11Z

BOGOR, BIN - Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Seperti di Kantor Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, memanfaatkan lahan yang ukurannya hanya 3 X 4 Meter untuk digunakan tanaman hidroponik beserta, pelihara Lele. 

Kepala Seksi (Kasie)  Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kecamatan Leuwisadeng Asep Rustandi mengatakan, memanfaatkan lahan yang sedikit untuk kemandirian ekonomi masyarakat yang juga membantu menopang kesehatan Keluarga. 

"Yang jelas ini pemanfaatan lahan pekarangan untuk contoh ke masyarakat yang kesini," kata Asep, Rabu (06/03).

Asap melanjutkan, rencana dan rancang bangunnya sudah terkondisi dari keilmuan yang ada, hanya perawatan yang selalu berkoordinasi dengan Unit Pengelola Tekhnis (UPT) Pertanian. 

"Untuk rancangan dari kami tapi pemeliharaan atas petunjuk dari UPT Pertanian, saya berharap masyarakat bisa mengikuti dan bagaimana caranya ada lahan yang kecil tapi bisa dimanfaatkan untuk tanaman yang bermanfaat," tutupnya. 

Ditempat yang sama, Salah seorang Staf Uus Rusmana menuturkan, ada keuntungan bagi masyarakat yang hendak membuat tanaman hidroponik.

"Tanaman hidroponik ini lebih higienis, dan lebih menguntungkan, karena operasional nya lebih murah ketimbang dilahan luas dan terbuka," tandasnya. 

(Red - Seno)
close