Notification

×

Iklan

iklan

Polres Lahat Gelar Apel pengarahan oleh Ketua Bawaslu Lahat

Thursday 4 January 2024 | 13:42 WIB Last Updated 2024-01-04T06:43:28Z
LAHAT   |   BIN.Net   -   Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH,.S.I.K,.MH, mengikuti giat arahan dari ketua Bawaslu kabupaten Lahat, bertempat di halaman apel polres lahat. Kamis (4/1/2023)

Hadir dalam giat tersebut waka polres lahat kompol Roy Aprian Tambuban SP,.S.I.K, para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira, Bintara, dan ASN Polres Lahat 

Dalam arahanya ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Nana Priyatna SH,.MM, mengucapkan banyak terima kasih kepada kapolres lahat atas undanganya untuk memberikan materi dan arahan terkait pelaksanaan pemilu yang mana Polri sebagai pengamanan pemilu dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu yg harus bekerjasama dan saling beriringan, saling dukung, saling berkomunikasi dalam menyukseskan pemilu tahun 2024.

"TNI dan polri sesuai dengan undang- undang dalam pelaksanaan pemilu harus Netral tidak berpihak kepada salah satu paslon dan kelompok, untuk itu di haruskan kenetralan dan tetap menjunjung tinggi norma norma hukum dalam penanganan tindak pidana pemilu." Ucapnya.

Nana Priyatna menjelaskan, seperti pengalaman pemilu yang sudah, banyaknya pelaksana pemilu di tingkat TPS kurang memahami dan mengerti tugas dan tanggung jawab. Seperti kasus pemilu tahun 2019, adanya surat suara yang lebih, karena petugas kurang mengerti bahwa jumlah surat suara sesuai DPT, ditambah 2 ( dua ) persen, sehingga hal tersebut memicu terjadinya kecurangan yang nantinya akan bersipat patal." Jelas Ketua Bawaslu Lahat

Menurutnya, contoh lain untuk anggota Polri yang sudah purna bhakti di saat waktu pemilihan, yang mana pada saat pendataan anggota tersebut masih aktif, sehingga pada saat pemilihan meskipun anggota tersebut sudah pensiun belum bisa memilih sebelum adanya perubahan KTP menjadi masyarakat sipil. 

"Inti dari pengarahan tersebut adalah polri dan Bawaslu sama sama bekerjasama untuk menyukseskan pemilu dan Netralitas polri, meskipun keluarga bisa memilih" Pungkasnya.

Pewarta: Nita

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close