Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Hingga Minggu Dini Hari, Polres Samosir Antisipasi Curanmor, Begal dan Balap Liar.

Sunday 20 August 2023 | 12:28 WIB Last Updated 2023-08-20T05:30:04Z
SAMOSIR | BIN.Net  - Hingga dini hari Minggu, Polres Samosir telah mengambil langkah antisipatif dalam menghadapi potensi kejahatan jalanan di wilayahnya. Pada hari Sabtu,19 Agustus 2023 pukul 23.00 WIB, dilaksanakan Patroli Presisi yang bertujuan utama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Samosir.

Kegiatan dimulai dengan apel pengecekan personel dan pemberian arahan oleh Ipda Darmono Samosir, S.H., yang merupakan Kasi Propam Polres Samosir. Aipda Saut Siahaan turut mendampingi kegiatan tersebut. Patroli Presisi ini melibatkan Personil Satuan Fungsi, Tim Turjawali, serta Bintara Remaja Polres Samosir.

Dalam arahannya, Kasi Propam mengungkapkan tujuan patroli ini adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian dan menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kecamatan Pangururan. Patroli bertujuan mencegah tindak pidana jalanan seperti begal, geng motor, serta 3C (Curas, Curat, Curanmor) dan berbagai tindak kejahatan lainnya. Penting bagi personel untuk menjalankan tugas dengan pendekatan humanis, menghindari perilaku arogan, dan menjaga citra Polri, khususnya Polres Samosir. Jika terjadi hal-hal menonjol atau kejadian penting, diinstruksikan untuk segera melaporkannya kepada atasan.

Personel turun langsung dalam kegiatan patroli untuk memperkuat pengawasan di daerah rawan kriminalitas. Mereka berfokus mencegah aksi begal, geng motor, balapan liar, serta pencurian dengan kekerasan yang merugikan masyarakat. Selain itu, patroli juga mengunjungi tempat-tempat ramai seperti seputaran Kota Pangururan, toko swalayan, Indomaret, jembatan Tano Ponggol, serta objek vital seperti perkantoran bank dan kantor PLN.

Patroli ini mengikuti rute yang telah ditentukan yakni daerah rawan terjadi pencurian, Begal, balap liar, meliputi perjalanan dari Mako Polres Samosir - Kel. Siogung-ogung - Desa Tanjung Bunga - Parbaba - Seputaran Kota Pangururan (Kel.Pasar dan Desa Pardomuan I) - Desa Rianiate hingga kembali ke tempat awal. Selama pelaksanaan tugas, Tim Presisi Polres Samosir tidak menemukan kendaraan dengan knalpot blong, aksi balapan liar, geng motor, atau tindak pidana jalanan lainnya.

Dalam satu insiden laka tunggal, personel patroli turut membantu evakuasi kendaraan yang terperosok ke dalam parit di Jln F.L Tobing dekat Sekolah Yayasan SMP Budi Mulia Kec. Pangururan Kab. Samosir. Pemilik kendaraan, M M, seorang wiraswasta beragama Kristen, mengaku kecelakaan terjadi karena kurangnya konsentrasi saat mengemudi saat hendak memutar kendaraanya dan selanjutnya Tim Patroli bersama masyarakat minta tolong kepada perusahaan PT.HK.KSO yang selanjutnya menggunakan Mobil Derek mengangkat Mobil laka tunggal tersebut.

Kegiatan patroli ini berakhir pada Minggu pukul 01.10 WIB, dengan Tim Patroli Presisi Polres Samosir kembali ke Mako Polres Samosir untuk siaga menghadapi potensi gangguan terhadap ketertiban masyarakat.

Dimako Polres Samosir, Kasi Propam yang dijumpai sedang Stand bay bersama Tim Patroli Presisi menyampaikan," Selain Antsipasi Gangguan Kamtibmas (Pencurian, Begal dan Balap Liar), Patroli Presisi tersebut dilaksanakan adalah Upaya Cipta Kondisi Polres Samosir dalam Memberikan rasa Nyaman dan Aman Dalam Pelaksanaan Ibadah Minggu Gereja nanti Pagi yang dibantu dengan Pengamanan Ibadah Dari Polres Samosir dan Polsek Jajaran dengan Tujuan Ibadah Minggu Gereja Tanggal 20 Agustus 2023 di Wilayah Hukum Polres Samosir Berjalan aman dan hikmat." Tutup IPDA Darmono Samosir, S.H.

Pewarta: Ambrosius Simbolon

COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close