Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Lapas Kelas llA Lahat Ikuti Upacara HBP Ke 59 Secara Virtual

Saturday 11 March 2023 | 13:05 WIB Last Updated 2023-03-11T06:05:37Z
LAHAT, BIN.Net | Dalam rangka perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59, Kepala  Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Imam Purwanto, Kanwil Kemenkumham Sumsel ikuti upacara yang digelar oleh Unit Pusat di Graha Pengayoman Jakarta bersama seluruh UPT Pemasyarakatan di wilayah Indonesia secara virtual. Sabtu (11/3/2023)

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Laoly selaku Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan atas kerja keras selama ini. 

“Tahun ini Pemasyarakatan memasuki usia 59 Tahun, di usia ini pemasyarakatan harus lebih cermat, cerdas membuat strategi, evaluasi setiap kondisi dan kejadian, rasional dalam mengambil kebijakan, melakukan mitigasi resiko, akuntabel dan berintegritas, transparan dan inspiratif untuk melayani”, ungkap Yasona.

Menkumham juga menyampaikan bahwa perkenalkan dan promosikan hasil karya dan juga hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh Warga Binaan yang ada di Indonesia kepada para duta besar yang sempat hadir pada acara HBP. Selain itu Menteri Hukum dan HAM juga meminta para duta besar untuk dapat juga membantu mempromosikan hasil karya WBP tersebut ke negaranya. Selain diajarkan untuk menghasilkan Karya berupa Kerajinan tangan, Menteri Hukum dan HAM mengatakan bahwa WBP juga di latih untuk mempunyai skill seperti Barista, dll. 

“Peringatan HBP Ke-59 ini merupakan suatu momentum untuk meningkatkan semangat pemasyarakatan dalam membuat para narapidana menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara melakukan pembinaan berkesinambungan, terarah dan tanpa menghilangkan Hak Asasi Manusia. Pemasyarakatan adalah salah satu yang terbesar Kementerian Hukum dan HAM saya meminta kepada seluruh jajaran agar mempunyai komitmen yang kuat untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan bangsa melalui pembangunan di bidang hukum dan HAM.” Kata Menkumham.

Kepala Lapas Lahat Imam Purwanto selepas upacara yang dilakukan secara virtual tersebut menuturkan bahwa; Peringatan HBP ke-59 merupakan momentum bagi kita untuk terus berkomitmen dalam “pemasyarakatan pasti dan berAKHLAK” mewujudkan Indonesia Maju.

“Kita akan tindaklanjuti arahan dari Menkumham untuk proaktif melakukan koordinasi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemasyarakatan, tidak hanya  secara internal tetapi juga eksternal bahkan instansi vertikal seperti Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Kepolisian, TNI, serta pemerintah daerah Kabupaten Lahat.” Kata Kalapas Lahat

Terakhir, Imam Purwanto mengingatkan jajarannya untuk tetap semangat, penuh dedikasi, dan menjaga akuntabilitas sebagai landasan utama dalam bekerja utamanya meningkatkan kewaspadaan. Selanjutnya acara HBP dilanjutkan dengan berbagai perlombaan antar warga binaan Lapas kelas llA Lahat diantara nya Balap Karung, Bakiak, mini soccer, bambu gila, dan poco-poco. 

Laporan : Nita
close