Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional, Pj. Bupati Bersholawat Bersama Santri.

Saturday 22 October 2022 | 13:45 WIB Last Updated 2022-10-22T06:45:12Z
KAMPAR, BIN.Net | | Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol MM., menghadiri acara santri bersholawat dalam rangka peringatan hari santri nasional di Desa Hidup Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Jumat(21/10)malam

Turut hadir diantaranya anggota DPRD Kampar H.Sukardi.SP, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Afdal.ST.MT, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Arizon.SE, Habib Fahir Bin Abdulrrohman Alaydrus, Ketua PCNU Kabupaten Kampar Kapten Purn Darmaji, Ketua Mwc NU Kampar Kiri Tengah H.Imam Sibaweh.SE.M.Si, Suriah Mwc NU Kampar Kiri Tengah M.Yasin Yusuf, Camat Kampar Kiri Tengah Ganda Ade Saputra.S.Stp.M.Si, Kepala Desa Hidup Baru Miftah Muhatianto.SH

Dalam sambutannya, PJ.Bupati Kampar menyampaikan Pemerintah Kabupaten Kampar mengucapkan selamat hari santri nasional kepada seluruh santri dan mengapresiasi kepada masyarakat pimpinan majelis wakil cabang Nahdatul Ulama (NU) kecamatan kampar kiri tengah yang telah menaja acara ini.

Hari santri nasional diperingati tiap tanggal 22 oktober hari santri nasional dirayakan untuk memperingati peran besar para kaum ulama dan santri dalam perjuangan melawan penjajah demi meraih kemerdekaan indonesia.

Sejarah hari santri bermula dari fatwa 'resolusi jihad' yang disampaikan Kh.Hasyim Asy'ari. pada 22 oktober 1945, lahir perumusan fatwa 'resolusi jihad' di kalangan kiai pesantren yang dipimpin oleh kh hasyim asy'ari, yang berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan pasukan penjajah.

Puncak dari resolusi jihad itu ialah peristiwa heroik di surabaya pada 10 november 1945 yang dikenal sebagai cikal bakal dan diperingati sebagai hari pahlawan.

Sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, hari santri diperingati setiap 22 oktober. peringatan hari santri antara lain dilakukan dengan menggelar upacara bendera.

Kementerian Agama telah menerbitkan edaran no se 27 tahun 2022 tentang pelaksanaan upacara bendera peringatan hari santri 2022, edaran ini antara lain mengatur bahwa upacara bendera peringatan hari santri dilaksanakan serentak pada 22 oktober 2022 dengan tema "berdaya menjaga martabat kemanusiaan.

Makna Maulid Nabi Muhammad adalah sebagai pengingatan kebesaran dan keteladanan nabi serta momentum penyemangat untuk menyatukan semangat dan gairah keislaman. 

Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 rabiul awal penanggalan hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia, termasuk Indonesia. meski saat zaman kenabian hari maulid belum dilakukan, di masa sekarang peringatan ini menjadi perayaan besar yang diselenggarakan oleh banyak umat di seluruh dunia.

Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan nabi muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan. selain itu hikmah peringatan maulid nabi muhammad saw dapat dihidupkan oleh umat islam dengan semangat juang dengan cara mempertebal kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebagai kaum muslim dan umat nabi muhammad saw, kita wajib selalu mengingat seluruh jasa dan pengabdian serta pengorbanan baginda rasullulah ailaihi salam, sesuai dengan perintah allah melaui al-quran telah menyampaikan bahwa kita umat islam hendaknya untuk senantiasa bersalawat kepada rasulullah saw.

Kegiatan santri bersholawat dalam rangka peringatan hari santri nasional merupakan salah satu bentuk kita kaum muslimin untuk mengingat dan penghormatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu manfaat dan syafaat bagi kita jika bershalawat kepada nabi Muhammad saw adalah diberikan syafaat dari nabi Muhammad saw, yang kedua adalah memperolah pengampunan segala dosa oleh Allah SWT, ketiga manfaat lain dari membaca sholawat Nabi adalah dikabulkan hajatnya oleh Allah SWT.

Pewarta: Beni
close