Notification

×

Iklan

iklan

Pj. Bupati Kampar Buka Iven Pacu Sampan Tambang. Kamsol : “kita akan kemas iven ini menjadi iven Tahunan dengan melibatkan Provinsi Riau”

Tuesday 30 August 2022 | 21:23 WIB Last Updated 2022-08-30T14:23:51Z
KAMPAR, BIN.Net | | Penjabat (Pj) Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM, membuka Iven Pacu Sampan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Desa Tambang Kecamatan Tambang. Hadir dalam Iven Pacu Sampan diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kampar Faisal, ST, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tambang, Camat Tambang Jamilus, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Deswita Kamsol, Kepala Desa Tambang Muhammad Alimuddin dan seluruh Kepala Desa se-kecamatan Tambang. 

Iven Pacu Sampan tersebut dipusatkan dipasar Jembatan Kembar Danau Bingkuang. (29/8)

“ Iven ini akan kita kemas dengan sebaik-baiknya, melibatkan Pemerintah Daerah Provinsi Riau, sehingga menjadi Iven Provinsi Riau 

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kampar menyampaikan bahwa Pacu Sampan ini merupakan penggambaran adat istiadat serta budaya yang berharga di kabupaten Kampar dan merupakan warisan bagi Bangsa Indonesia.

Ia melanjutkan bahwa seiring dengan perkembangan zaman yang terus bergulir mempengaruhi pula perkembangan adat istiadat dan budaya Kabupaten Kampar yang mulai terkikis zaman, dengan adanya Iven Pacu Sampan dapat mejaga lestarinya Budaya di Kabupaten Kampar khususnya di Kecamatan Tambang.

Kamsol menambahkan dengan adanya Pacu Sampan ini, generasi muda dapat mengenal adat istiadat dan budaya Kabupaten Kampar sehingga adat istiadat dapat tetap lestari hingga dikenal sampai ke anak cucu. Adat istiadat harus tetap terjaga tidak boleh hilang dimakan zaman, sehingga akan tercipta rasa saling menghargai, menghormati, menjaga, melestarikan dan bersatu dalam keberagaman serta rasa kepedulian yang tinggi.

Ia juga berharap Lomba Pacu Sampan menjadi alat pemersatu , dan menjadi Iven tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan menjadi media untuk melestarikan adat istiadat dan budaya di Kecamatan Tambang dan Kabupaten Kampar.

Sementara itu Ketua DPRD M. Faisal dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih kepada donatur-donatur yang telah membantu mensukseskan Iven ini, dan ia berharap Iven Pacu Sampan ini menjadi Iven tahunan yang lebih besar menjadi Iven tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

M. Faisal juga menambahkan Iven ini adalah Iven tahunan yang sempat terhenti dari tahun 2018 hingga 2020 akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Kabupaten Kampar dan Bangsa Indonesia, Ia berharap Pemerintah Daerah mengembangkan pasar Tambang ini, masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan pasar ini dengan membangun kios-kios yang lebih modern.

Diakhir sambutannya M. Faisal menyampaikan dengan adanya Iven ini, maka Kecamatan Tambang dapat menjadi Kecamatan tujuan wisata atau destinasi wisata yang dapat menambah income atau pemasukan masyarakat desa dari segi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Tambang.

Pewarta: Beni
close