Notification

×

Iklan

iklan

KUNJUNGAN KERJA MENTERI PERTANIAN SYL DI LAMONGAN

Tuesday 23 August 2022 | 11:18 WIB Last Updated 2022-08-23T04:18:24Z
LAMONGAN, BIN.Net  | | Menteri Pertanian Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Dalam kegiatan kunjungan tersebut, Mentan yang akrab dipanggil SYL didampingi oleh Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Sekretaris Jenderal, Kepala Badan Litbang Pertanian, serta Pimpinan UPT Kementerian Pertanian. Dari BPTP Balitbangtan Jawa Timur, hadir Dr. Atekan, SP, M.Si selaku Kepala BPTP Jawa Timur. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Lamongan beserta jajaran.

Dalam kunjungan kali ini, terdapat 3 agenda yang dilaksanakan. Yang pertama ialah panen sorgum yang dilaksanakan di Desa Sukorejo, Kecamatan Sugio. Sorgum merupakan tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan pangan, pakan ternak, serta bahan industri. Hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung pengganti terigu dan lainnya sehingga tanaman sorgum dianggap potensial untuk dikembangkan. 

Dalam kesempatan kali ini Dr.Atekan menyampaikan Sorgum adalah komoditi pangan yg multifungsi, 
Sorgum dalam kata lain jagung cantel atau orean telah puluhan tahun dikenal masyarakat Lamongan. Komoditi lokal ini di harapkan bisa menjadi komoditi ekspor yang bisa menggantikan Gandum sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lamongan,Devisa negara" ucap Dr. Atekan yg juga termasuk putra daerah Lamongan. 

Selanjutnya, untuk Agenda kedua ialah panen padi yang dilaksanakan di Desa Kebalanpelang, Kecamatan Babat. Dalam acara tersebut, dilaksanakan syukuran atas hasil panen, dan doa bersama, agar kedepannya produksi padi di Kabupaten Lamongan lebh baik kedepannya. Masyarakat Lamongan mengenal dengan sebutan sedekah bumi.

Agenda ketiga Mentan SYL melaksanakan kunjungan ke produsen Pupuk Organik Cair (POC). Dalam kesempatan ini di lokasi pabrik pupuk organik ECO Agro Mandiri yg beralamatkan di ds Gembong Babat di gelar pula bazar UMKM Lamongan binaan Disperindag Lamongan. Diantaranya Gemawira Lamongan, Laestra, Amj, Perwira Lamongan, Gerai dll.
Bazar UMKM yang di gelar menampilkan produk2 unggulan yg di produksi di Lamongan. Mulai dari batik, kerajinan dr pelepah pisang, makanan minuman khas Lamongan.

Mentan SYL sangat terkesan denagn hasil karya putra daerah Lamongan luarbiasa kreatif. Beliau sempat terlihat memborong beberapa produk unggulan UMKM Lamongan.

"Luar biasa masyarakat Lamongan sangat kreatif ulet dan punya kreatifitas yg tinggi. Kita sudah di limpahi anugrah sinar matahari dan udara yg melimpah, tanah yg subur tinggal kemauan kita berusaha dan kreatifitas kita yg perlu di tingkatkan. Saya sangat bangga dan terkesan dengan kreativitas masyarakat Lamongan" ujar SYL.

Di penghujung acara tetap di lokasi pabrik pupuk organik ECO Agro Mandiri, Mentan SYL, ketua BPTP Jawa timur, Bupati Lamongan Yuhronur Efendy, beserta jajarannya melangsungkan ramah tamah sekaligus melepas penat dalam agenda kegiatan hari ini Mentan SYL beserta bapak Bupati Lamongan yang akrab di panggil YES, nyanyi dan joget bersama dengan para undangan yang hadir.

Laporan : Dewi Rohana.
close