Notification

×

Iklan

Iklan

Bimtek IKM Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD (TK)

Wednesday 6 July 2022 | 12:00 WIB Last Updated 2022-07-06T05:00:11Z
PEKALONGAN, BIN.Net | | Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) resmi meluncurkan kurikulum merdeka (Kurmer). Kurikulum tersebut bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial pengembangan karakter,dan kompetensi peserta didik. Dengan diluncurkannya kurikulum baru tahun ajaran 2022/2023 , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (Bimtek IKM) peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini PAUD ,Taman Kanak Kanak ( TK), selama tiga hari mulai (5/7) hingga (7/7) 2022 . Adapun waktu dan tempat pelaksanaannya di Hotel Marlin yang terletak diwilayah Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. 

Kegiatan Bimtek IKM pertama pada hari Selasa pagi (5/7) dibuka langsung oleh Kadindikbud Kabupaten Pekalongan, Kholid,S.I.P,M.M, di metting room Hotel Marlin Wiradesa. Selain para peserta Bimtek, tampak hadir Kabid Paud,Yakup Ali Roja'i,S.Pd.,M.Pd., Rose Diana Soeroto,S.P.I,para Pengawas TK,dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pekalongan,
Drs.H.Abdul Munir,sebagai wakil kebijakan kurikulum merdeka Kabupaten Pekalongan.

Kadindikbud, Kholid,S.IP.M.M,menyampaikan,"
tujuan daripada Bimtek IKM ini untuk membekali guru karena ada perubahan Regulasi yang harus kita jalankan sesuai dengan kebijakan dari Kementerian,sehingga nanti harapannya teman teman guru itu bisa melaksanakan sebelum merdeka belajar itu dilaksanakan. Dan ini dimulai tahun ajaran baru,sehingga posisi sekarang bertahap yaitu,dari jumlah 339,ini baru 100 guru yang Bimtek. Sedangkan untuk materi nanti kerjasama dengan provinsi,dan narasumber dari sana semua,nanti biar baik semua. Dan pada intinya Dindikbud Kabupaten Pekalongan siap menjalankan,karena itu regulasi kementerian."ungkapnya.

Drs.H.Abdul Munir,mengatakan," terkait dengan kegiatan IKM ini,kurikulum itu kan disesuaikan dengan kebutuhan,dan kurikulum merdeka ini sebenarnya mulai berlaku tahun depan,akan tetapi kalau tidak disiapkan tentu akan terlambat,karena itu sekarang baru ujicoba.Dan guru itu memiliki peran penting dalam rangka melaksanakan implementasi kurikulum merdeka ini. Karena memberikan porsi pada anak didik/siswa bagaimana agar sesuai dengan kebutuhan,sesuai dengan dinamika,dan potensinya itu yang kita gerakkan. Oleh karenanya langkah langkah Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) mendorong adanya bimtek bimtek,kemudian peningkatan kuwalitas guru, itu yang paling utama. Dengan harapan, guru akan mempunyai kemampuan meningkatkan kompetensi kemampuan,dan punya kemauan.termotifasi bagaimana menempatkan diri sebagai pendidik dan pengajar."ujarnya.

Mengenai penganggaran pendukung, Abdul Munir menyampaikan,bahwa untuk anggaran pendukung sudah disiapkan,karena itu nanti MGMP,KKG, itu akan kita anggarkan. Kemudian TK baru/negeri yang akan menjadi senter dari TK swasta akan kita bantu." pungkasnya.

Dhodi.R
close