Notification

×

Ribuan Buruh Pabrik Rokok dan Buruh Tani Tembakau Segera Terima BLT DBHCHT

Wednesday 29 June 2022 | 19:22 WIB Last Updated 2022-06-29T12:22:37Z
BATANG, BIN.Net | | Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Sosial melakukan Kegiatan Sosialisasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Bagi Petani, Buruh Tani Tembakau dan Masyarakat Pra Sejahtera lainnya di Aula Bapelitbang, Kabupaten Batang, Selasa (28/6/2022).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batang Willopo menyampaikan, tahun 2022 Pemkab Batang mendapatkan alokasi DBHCHT, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 Tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT, penggunaan DBHCHT yang dialokasikan pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bidang Hukum dan Bidang Kesehatan.

“Alokasi DBHCHT pada bidang kesejahteraan masyarakat salah satunya berupa pemberian BLT bagi buruh Tani Tembakau dan Anggota Masyarakat Pra Sejahtera Lainnya yang ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Intinya, lanjut dia, bantuan ini diperuntukan bagi Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Tersono, Bawang dan Reban di Wilayah Kabupaten Batang. Semoga BLT yang akan diberikan ini benar-benar tepat sasaran, karena nilainya juga lumayan.
“Tiap bulan akan diberikan BLT senilai Rp300 ribu selama empat bulan yakni Juli hingga Oktober 2022,” tuturnya.

Ia juga berharap, bantuan tersebut dipergunakan secara optimal dan digunakan untuk pengembangan atau modal usaha, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinsos Batang Joko Tetuko melaporkan, bahwa penerima BLT DBHCHT Provinsi sejumlah 1.430 orang mekanisme pencairan melalui PT. Pos, sedangkan penerima BLT DBHCHT Kabupaten sejumlah 609 orang mekanisme pencairan melalui BPD Jateng.

“Dengan maksud dan tujuan sebagai informasi dan bentuk transparansi mengenai BLT DBHCHT yang akan disalurkan langsung kepada Penerima Manfaat tersebut melalui dua mekanisme. BLT DBHCHT bagi Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau penerima manfaat, diharapkan dapat lebih meningkatkan usaha di sektor pertanian tembakau nya,” ujar dia.

Laporan : M. Budiono
close