Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Soal Rob Pantura, Ganjar Libatkan Konsultan Semarang

Tuesday 31 May 2022 | 21:22 WIB Last Updated 2022-05-31T14:22:29Z
SEMARANG, BIN.Net  | | Kehadiran konsultan dalam pembangunan infrastruktur pemerintah sangat penting agar hasilnya benar-benar maksimal dan sesuai ekspektasi masyarakat. Di hadapan para konsultan Jawa Tengah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk ikut membantu menyelesaikan persoalan rob.

Ganjar selama ini memang sangat konsen memastikan kualitas bangunan pemerintah, dengan getol melakukan sidak. Bahkan, dia secara langsung memanggil pihak kontraktor yang bersangkutan dan memberi peringatan.

"Sekarang butuh kepekaan-kepekaan di antara kita semua terhadap kehendak rakyat yang berekspektasi tinggi terhadap bangunan yang ada di Indonesia. Maka peran konsultan, peran INKINDO sangat penting untuk memberikan desain terbaik, pengawasan yang terbaik," papar Ganjar saat menghadiri Musyawarah Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Tengah di Semarang, Selasa (31/5).

Desain dan pengawasan terbaik itu, kata Ganjar, akan menghindarkan pekerjaan atau proyek pembangunan dari hasil yang tidak sesuai perencanaan. Seperti diketahui, dalam sejumlah sidak pembangunan infrastruktur pemerintah, Ganjar beberapa kali menemui kualitas yang buruk.

Misalnya pembangunan SMAN di Tawangmangu, di mana Ganjar saat itu benar-benar geram karena melihat sejumlah bagian bangunan yang terkesan asal-asalan. Terbaru adalah bangunan puskesmas di Cilacap yang beberapa bagiannya sudah rusak padahal belum digunakan.

"Kemarin kita menemukan, seperti sekolah yang ada di Tawangmangu atau kemarin saya ke Cilacap menemukan bangunan seperti itu (atap bocor). Itu baru sekian contoh, yang lain banyak sekali," ujar Ganjar.

Pernyataan Ganjar tersebut merujuk pada pembangunan infrastruktur yang juga banyak dikerjakan oleh pemerintah pusat. Misalnya kontruksi di Jalan Tol Trans Jawa, di mana ada satu ruas di sekitar Batang sampai Tegal yang ketika dilewati dengan kecepatan tertentu mobil seakan melompat.

"Rasa-rasanya peran konsultan menjadi makin besar dan ditunggu. Kalau kita lewat jalan tol, ada satu ruas di Pantura antara Batang sampai Tegal itu ada yang langsung kalau dilewati itu lompat. Apakah kemudian konsultan bisa memperbaiki," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mencolek INKINDO untuk ikut memberikan masukan terkait penanggulangan rob di wilayah Pantura. Sebelumnya saat meninjau lokasi rob, Ganjar memang menemukan kasus tembok penahan di wilayah Tanjung Emas jebol dan mengakibatkan luapan air pasang beberapa waktu lalu.

"Teman-teman INKINDO tadi saya kasih PR soal rob. Penanggulangan secara fisiknya seperti apa dan cepat. Sehingga yang sifatnya seperti itu kita butuh teknologi baru, butuh referensi baru," tandas Ganjar.

Pewarta : Virly Setiawan S.Th
close