Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Pencanangan Kampung Pancasila Desa Bojong Wetan

Friday 15 April 2022 | 13:58 WIB Last Updated 2022-04-15T06:58:26Z
PEKALONGAN, BIN.Net | | Dalam rangka Pencanangan Kampung Pancasila untuk wilayah Kecamatan Bojong. Desa Bojong Wetan Kecamatan Bojong Kab. Pekalongan terpilih sebagai Kampung Pancasila. Sehingga pada hari Kamis pagi (14/4) di Aula Balai Desa Bojong Wetan telah diselenggarakan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila.

Acara tersebut dihadiri Camat Bojong, Farid Abdul Khakim,S.STP,MM.,Kapolsek Bojong, AKP.Suhadi,S.H., Danramil Bojong Kapten Arh.Wiyoto, Kepala Desa Bojong Wetan H.Warsono,Ketaua RT/RW dan lembaga desa yang lain, Guru dan beberapa siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bojong Wetan, juga tamu undangan lainnya.

Camat Bojong, Farid Abdul Khakim dalam sambutannya memaparkan, Pencanangan Kampung Pancasila ini bukan semata mata dalam bentuk seremoni saja tetapi suatu bentuk perannya pemerintah, serta jajaran TNI-POLRI, serta masyarakat dalam menjaga konstitusi Negara. Karena selama ini generasi generasi muda kita ini sudah banyak yang mungkin melupakan nilai nilai luhur yang ada dalam kegiatan kegiatan keseharian yang didasari dari sikap berpancasila.

"Maka dengan pencanangan ini nanti harapannya dan ini juga hadir perwakilan dari Sekolah Dasar (SD), mereka bisa mengembalikan identitas diri kita selaku berbangsa dan bernegara khususnya dalam rangka memfilter bagaimana bangsa ini bisa mencegah adanya intoleransi dan radikalisme. Karena paham paham yang demikian ini sungguh menjadikan bahaya latin dilingkungan kita." paparnya.

Lebih lanjut Farid mengatakan, melalui pencanangan kampung pancasila ini tidak hanya nanti di desa Bojong Wetan saja,tetapi nilai nilainya tertularkan keseluruh desa yang ada diwilayah bojong. Secara simbolik pencanangan ini per Kecamatan, per wilayah Koramil hanya satu desa. Tetapi bukan berarti hanya desa Bojong Wetan saja yang mengamalkan dan melaksanakan dari nilai nilai luhur pancasila ini,akan tetapi juga seluruh warga yang ada diwilayah Bojong secara khusus, juga bisa menjalankan dengan baik." tuturnya.

Selanjutnya disampaikan Danramil Bojong, Kapten Arh.Wiyoto, bahwa Pancasila merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita dan Pancasila adalah ruh dan jiwa yang terus terus digaungkan keseluruh pelosok negeri. Pencanangan kampung pancasila sebagai wujud toleransi yang ada diwilayah Kodim 0710 Pekalongan atas peradaban adab yang ada. Namun semua bisa hidup secara berdampingan dengan rukun dan begitu indah. 

"Kita canangkan sebagai kampung pancasila,akan diikuti desa desa di kecamatan lain dan diwilayah Kodim 0710 Pekalongan. Kampung Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia yang menjadi contoh bagi daerah lain. Semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yang penuh peradaban tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan" Ucap Danramil.

Masi Kata Danramil. Adapun tujuan dibentuknya kampung pancasila ini sebagai aikon, bisa dikasihkan melalui media online dan sebagainya, tak lain dan tak bukan ialah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa diwilayah Kodim 0710 Pekalongan. Masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan baik dari suku, adat dan agama, tetap untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semoga kegiatan ini bisa membawa terhadap kita semua, dalam pengabdian kita terhadap tugas,demi kamajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,dan Negara Kesatuan Republik Indonesia." Tutupnya Danramil.

Sebagai simbol telah terlaksananya Pencanangan Kampung Pancasila Desa Bojong Wetan, pukul kentongan dilakukan oleh camat Farid.

Dhodi R
close