-->
MEDIA BAROMETER INDONESIA NEWS. TAJAM DAN AKURAT

NesbuOne, Laptop Rakitan SMKN 1 Bumijawa Rambah Pasar Lokal

BUMIJAWA, BIN.Net || Usai pimpin upacara Hari Guru Nasional 2021 di SMP Negeri 1 Bumijawa, Bupati Tegal Umi Azizah luncurkan NesbuOne, laptop dan komputer rakitan karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bumijawa, Kamis (25/11/2021) siang. Usai peluncuran produk ini, Umi pun meninjau ruang bengkel perakitan komputer. Di sini, tampak sejumlah siswa tengah mengerjakan pesanan laptop konsumen, termasuk pesanan dari pemerintah desa dan Pemda.

Umi menilai proses perakitan laptop NesbuOne hingga instalasi sistem operasinya berada di bawah kendali mutu yang baik dan sudah melalui proses uji coba. Umi mengaku bangga dengan industri perakitan perangkat komputer oleh peserta didik SMKN 1 Bumijawa ini.

“Tadi kita sudah menyaksikan langsung perakitan laptop ini, dari proses kendali mutunya, kemudian uji coba produknya sampai ke pengemasannya sudah sangat bagus. Bahkan sudah ada desa yang memesan produk ini,” kata Umi.

Selain perlunya menggencarkan aspek promosi, untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas Umi pun mendorong alternatif penjualan lewat platform lokapasar, disamping juga masuk ke e-katalog elektronik pemerintah daerah untuk memudahkan perangkat daerahnya memilih NesbuOne sebagai referensi belanjanya.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Ahmad Wasari, Umi juga diminta untuk meresmikan pembukaan Lokakarya Nesbuwirausaha. Menurutnya, program tersebut sejalan dengan konsep pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda yang terus digencarkan pihaknya.

Kegiatan industri di lingkungan sekolah kejuruan, sambung Umi, selain menjadi peluang bisnis yang menguntungkan juga bisa mendidik dan membuka lapangan kerja baru di bidang perakitan alat elektronik.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Bumijawa Joko Pramono menjelaskan, NesbuOne merupakan program SMK Negeri 1 Bumijawa untuk menciptakan ekosistem industri di lingkungan pendidikan kejuruan melalui program pembelajaran new teaching factory.

Tidak hanya laptop, menurut Joko, Nesbu yang merupakan akronim dari Negeri Satu Bumijawa juga memproduksi personal computer all in one dan notebook dengan standar produksi kelas nasional yang didukung langsung dari pabrikan berstandar internasional.

Penjualan produk NesbuOne dilakukan melalui pemesanan di laman nesbuone.id. Joko menjelaskan, penggunaan laman tersebut untuk memudahkan konsumen memilih produknya. “Setiap produk yang dijual dilengkapi dengan garansi satu tahun product replacement atau penggantian dengan produk baru jika ada kerusakan yang disebabkan bukan karena kesalahan pengguna,” pungkas Joko. 

(Gusto)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top