Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Ratusan Pedagang dan Pengunjung Pasar Baru Cikarang di Tes Swab Antigen

Friday 10 September 2021 | 04:06 WIB Last Updated 2021-09-09T21:06:00Z
BEKASI. BIN.Net || Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, Ratusan para pedagang dan pengunjung Pasar Baru Cikarang, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, menjalani tes swab antigen, Kamis, (09/09/2021).

Tim medis Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) Kabupaten Bekasi yang didampingi anggota TNI dan Polisi, satu persatu pedagang dan pengunjung di toko-toko yang ada di pasar tersebut dilakukan tes swab antigen secara acak.

Menurut Supervisor Puspa Kabupaten Bekasi Titi Sari Renowati, testing tersebut dilakukan secara acak guna mendeteksi awal penyebaran covid 19 dipusat-pusat keramaian.

"Meski angka kasus aktip covid Di Kabupaten Bekasi melandai, turun. Akan tetapi kita harus tetap waspada, penyebaran covid ini bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja," ungkapnya kepada awak media.

Dalam pelaksanaan tersebut, Titi mengaku ada 10 petugas medis yang dibagi menjadi dua tim untuk melakukan tes swab antigen di seluruh blok pertokoan di Pasar Baru Cikarang.

Titi juga mengungkapkan, minimnya antusias para pedagang dan pengunjung untuk ikut tes swab tersebut, sehingga petugas hanya mampu melakukan tes swab kepada 100 pedagang dan pengunjung pasar, dan hasil keseluruhannya pun tidak ditemukan kasus positif covid 19.

"Ini kan kita sidak langsung, karna pengunjung pasar juga masih sepi dan juga minimnya antusian pedagang dan pembeli di pasar ini, jadi kami hanya menjaring 100 orang untuk dilakukan tes,"ujarnya.

Dengan dilakukannya testing serta terus berjalannya program Herd Immunity di Kabupaten Bekasi, Titi berharap bisa mempercepat penanganan covid 19 sehingga mampu menekan hingga ke angka terkecil kasus positif covid 19.

"Selain dipasar ini, kita Puspa Kabupaten Bekasi juga melaksanakan hal serupa di beberapa pusat keramaian lainnya dan itu berjadwal kita laksanakan,"tutupnya.

Sementara itu Kepala UPTD Pasar Baru Cikarang Nawawi mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan edukasi serta pemahaman terhadap para pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Tadi sesuai arahan Ibu Titi, kedepannya kita terus memberikan edukasi agar masyarakat ini tidak lagi takut untuk mengikuti tes swab, tujuannya semua sama agar bisa memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah Kabupaten Bekasi," ujar Nawawi.

Ade.s
COPYRIGHT BAROMETER INDONESIA NEWS
close