Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

PEMDES DESA KEPUH UBAH KOLAM BEKAS GALIAN C, MENJADI TAMAN WISATA DAN EDUKASI

Wednesday 28 October 2020 | 22:55 WIB Last Updated 2020-10-28T15:58:25Z
CIREBON, BIN.NET - Pemerintah Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon terus berupaya memaksimalkan potensi yang ada didesanya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan potensi kolam bekas galian C untuk dijadikan tempat wisata dan Edukasi. Rabu (28/10/2020).

Kolam tersebut akan dibenahi menjadi taman dan tempat wisata bermain serta edukasi bagi siswa, pengembangan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi warga Desa Kepuh yaitu untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjadi sumber Penghasilan Asli Desa (PAD).

Pemerintah Desa selama setahun ini selalu berupaya untuk terus untuk mencari sumber dana yang dibutuhkan dalam membangun wisata desa,baik dari bantuan Pemda Cirebon, CSR atau dengan investor.

Pembangunan Wisata Desa akan dilakukan secara bertahap, sebab membutuhkan dana yang besar untuk membangun insfrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya. Dengan demikian jumlah wisatawan yang berkunjung untuk menikmati suasana taman bermain akan semakin banyak.

Menurut Kades Desa Kepuh Maskari kepada awak media BIN, "dengan membangun wisata desa maka desa akan mendapatkan Pendapatan Asli Desa dan selain itu berefek domino secara ekonomi kepada masyarakat. Masyarakat bisa bekerja dikawasan sekitar wisata dan juga bisa berjualan," ungkapnya.

Pemdes Desa Kepuh sudah menyiapkan lahan sekitar 1 hektar untuk membuat taman wisata dan edukasi, Tahun ini pembangunan taman wisata sudah berjalan dan direncanakan tahun depan Pemdes Desa Kepuh akan terus melakukan pengembangan termasuk membersihkan kolam dan menyiapkan fasilitas bermain seperti perahu karet dan perahu bebek. Pemdes pun menampung aspirasi dari masyarakat dalam pengembangan taman wisata tersebut.

Taman Wisata dan Edukasi menjadi bagian dari inovasi Pemdes Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa) Kepuh.

Pewarta: FUZI
Copyright Barometer Indonesia News.net
close