Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Sinergitas Forkopimda, Forkopimcam Dan Berbagai Elemen Masyarakat Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

Thursday 9 January 2020 | 13:42 WIB Last Updated 2020-01-09T06:42:54Z
Tangerang, BIN - Paroki Citra Raya Gereja Katolik Santa Odilia mengadakan pembukaan tahun keadilan sosial. Tema tahun keadilan sosial  ini adalah Kita Adil, Bangsa Sejahtera. Penandaan tahun keadilan sosial ini adalah celengan dan pelepasan burung.

Penandaan ini dimulai dengan penjelasan singkat tentang program-program pada tahun keadilan sosial Ketua Penggerak Tahun Keadilan Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia, Yohanes Saman kemudian Pastor Kepala Paroki Citra Raya  Gereja Santa Odilia, Romo Felix Supranto, SS.CC, memasukkan uang ke dalam celengan dan diikuti para anggota Dewan  Paroki Harian. Setelah memasukkan uang ke dalam celengan, Romo Felix Supranto, SS.CC dan Yohanes Saman menandatangani banner “Kita Adil, Bangsa Sejahtera”.

Setelah Misa Kudus, penandaan  tahun keadilan dilanjutkan bersama dengan FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Tangerang, FORKOPIMCAM (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) Panongan, para ulama, dan organisasi kemasyarakatan.
Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0510 Tigaraksa diwakili Mayor ARH Wayan Kariana, Kapolresta Tangerang diwakili Kompol Siregar, Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang diwakili Haji Supriyadi, Ketua FKUB diwakili Haji Yaya, Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna, Danramil 14 Panongan diwakili Serma Eko, Ketua MUI Kecamatan Panongan Haji Anwar, Wakil Ketua MUI Kecamatan Panongan Haji Asrim, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Citra Raya Ustad Maman, Sekretaris GP Ansor Provinsi Banten Ustad Jamaludin Huda dan anggota Banser.

Acara dengan berbagai elemen masyarakat ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”.

Pastor Kepala Paroki Citra Raya  Gereja Santa Odilia Romo Felix Supranto, SS.CC dalam sambutannya menyampaikan bahwa mewujudkan sikap adil merupakan salah satu dari buah iman dan juga mengajak semua elemen masyarakat  untuk bekerjasama dalam mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat.
"celengan melambangkan kesabaran,  ketangguhan, dan kejujuran dalam perjuangan untuk semakin bersikap adil. Sedangkan makna  pelepasan burung adalah sifat kasih bagi semua makhluk," ungkap Romo.

Lebih lanjut Romo Felix menjelaskan Kehadiran para Pimpinan Daerah, Kecamatan, para ulama dan organisasi kemasyarakatan ini menunjukkan bahwa untuk dapat mewujudkan keadilan sosial, sinergitas antar semua  unsur masyarakat diperlukan.

Hal senada dikatakan Haji Yahya Erfan bahwa keadilan sosial merupakan pergumulan dan perjuangan bersama, terutama masalah ekonomi dan pencanangan tahun keadilan sosial oleh Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia adalah cerdas dan melihat masa depan.
"pencanangan tahun keadilan sosial merupakan langkah dari Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia dalam mengambil bagian untuk mewujudkan salah satu cita-cita bangsa Indonesia, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna menjelaskan bahwa  selama ini banyak kegiatan sosial, seperti pembangunan rumah layak huni, Jumat Ambang Desa dan Berbagi Berkah, yang telah dilaksanakan dalam sinergitas dengan  berbagai macam elemen masyarakat Panongan.  

"mengamalkan Pancasila berarti memiliki kepekaan terhadap pergumulan kehidupan sesamanya dan kepekaan terhadap masalah sosial ini merupakan jalan untuk mencapai bangsa yang sejahtera," tukas Kapolsek.

Acara penandaan  tahun keadilan sosial Paroki Citra Raya Gereja Santa Odilia diakhiri dengan pelepasan burung. Semoga kasih sebagai roh dalam keadilan sosial menyebar ke berbagai tempat.
(Fahmi)
close