Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Acara Tebar Ikan dan Tanami Hutan dengan 1000 Pohon, Pamong Budaya Bogor di Desa Leuweung Kolot 26 Oktober 2019

Saturday 19 October 2019 | 03:33 WIB Last Updated 2019-10-18T20:33:26Z
BOGOR,BIN- 
Acara tradisi budaya yang bertema merawat alam ini akan dilakukan Pamong Budaya Bogor (PBB), kali ini berencana akan dihelat di Gunung Cibodas,  terletak di Desa Leuweung Kolot Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Jawa Barat pada Sabtu-Minggu 26-27 Oktober 2019.

Menurut ketua Pamong Budaya Bogor, Bambang Sumantri S,Sos mengungkapkan, "acara kali ini tujuannya adalah lokasi ke-3 (gunung Cibodas-red) dari 7 gunung yang kita didatangi ditahun ke dua ini", ungkapnya.

Didalam acara nantinya akan ada beberapa kesenian tradisional ditampilkan seperti pencak silat, dondang, seni tarawangsa, celempung, karinding, seni tari jaipong juga lainnya.
"Tradisi ini juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat alam dengan menanam 1.000 pohon, melepaskan ikan disungai, melepas unggas di hutan, juga melestarikan seni budaya sunda", ungkapnya.

Ia pun menambahkan, "untuk itu kami juga mengundang secara umum kepada para tokoh, budayawan, pejabat, awak media juga masyarakat luas yang ingin berpartisipasi atau ikut dalam acara tersebut agar dapat hadir pada Hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 di Desa Leuweung Kolot", tuturnya.

Disaat rapat kesiapan di Aula Desa Leuweng Kolot yang dihadiri lapisan masyarakat pada Jum'at malam 18 Oktober 2019, tokoh masyarakat yang juga kepala dusun Junaedi, mengungkapkan, " dengan adanya Pamong Budaya Bogor berharap dapat memajukan dan melestarikan budaya yang ada. Dan di Leuweungkolot nantinya akan difokuskan di Bukit Cempala Gunung Cibodas", imbuhnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, "semoga acara ini berjalan sukses, pemerintah desa masyarakat juga antusias, semoga menjadikan Desa Leuweung Kolot ini bertambah maju juga budaya dan kesenian ada wayang, tari tradisional, reog, pencak silat juga permainan gamelan juga sudah diminati remaja disini", ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Leuweung Kolot Suwardi saat diminta keterangannya menambahkan," diharapkan nanti desa Leuweung Kolot menjadi kampung seni budaya, dimana potensinya sudah ada, penggalian seni tradisi yang berintegrasi dengan wisata alam", jelasnya.

Seni sunda di wilayah ini, kini sedang digandrungi para remaja dari usia 7-12 tahun,  tari Jaipong begitupun karinding, celempung dan lainnya. Dan dengan adanya kegiatan Pamong Budaya Bogor yang bersekretariat di Jalan Tegar Beriman Cibinong ini, diharapkan dapat mendorong agar pemerintah agar dapat mensupport pelaksanaan dan pelestarian seni budaya sunda dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
 (Red)
close