Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Terkait Penilaian Lomba Kesehatan Sekolah, Selaras Dengan Panca Karsa

Thursday 28 February 2019 | 08:09 WIB Last Updated 2019-02-28T01:56:09Z


BOGOR, BIN - Program Panca Karsa yaitu "Bogor Sehat" yang digaungkan Bupati Bogor mendapat telusuran atau jenjang dari beberapa pihak diantaranya Lomba Sekolah Sehat. Kebetulan, Tahun ini di Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cigarung 1 yang mendapat giliran di datangi tim penilai dari Pemerintah Kabupaten Bogor, Selasa (26/02).

Ketua Tim penilai Lomba Sekolah Sehat dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, Saefudin mengatakan, Program lomba Sekolah sehat ini menyambungkan dengan program "Panca Karsa" yang digaungkan Bupati Bogor Hj. Ade Yasin. SH. MH.

"Kegiatan ini selaras dengan tujuan Bupati dari Panca Karsa yaitu "Bogor Sehat" dan yang paling utama di UKS itu adalah PHBS agar ditanamkan sejak dini. juga diharapkan semua Sekolah di Kabupaten Bogor ini agar memiliki UKS, dan Outputnya agar Sekolah dirawat nantinya cerdas itu timbul dari kesehatan," kata 

Dilanjutkan Saefudin,  ada beberapa indikator penilaian untuk bisa meraih juara ditingkat Kabupaten, yang mana indikator itu sudah lebih dulu diterapkan oleh Sekolah karena, merupakan sarama dan prasarana yang ada disekolah.

"Kriterianya ada banyak, khusus SD dari mulai radios 500 meter itu sudah harus bersih kita naik lagi ada gapuranya, lingkungannya, halamannya paping blok dan Haris ada resapan air termasuk juga lubang biopori, harus ada perindangan gunanya menyedot polusi, kemudian ruang Kepsek harus tersendiri, ruang Guru juga harus rapi tidak boleh ada buku numpuk dimeja, rasio juga Haris 40 berbanding 1 minimal WC nya juga layak pakai oleh siswa, dapur juga dinilai, kantinnya, tanaman palawija obat, intinya mau gak Sekolah ini bermanfaat dan merawat lahan yang Ada, " bebernya. 

Baca Juga : Saba Warga, Bupati Bogor Dan Wabup Boling

Saefudin melanjutkan, tim penilai diisi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sudah ditunjuk oleh setiap Dinas di Kabupaten, "Ini penilaian tingkat Kabupaten dari  Dinas dengan 2 tim, kebetulan saya di tim 2, tiap tim terdiri dari beberapa Dinas ada dari Bappeda, Disdik, Depag Dinkes, DLH, Diskoperindag, DKP,, PMI kebetulan saya sebagai Ketua timnya,Kalau berhasil di Kabupaten akan ditingkatkan ke tingkat Provinsi dan Nasional tentunya," imbuhnya. 

Ketua tim penilai berharap, SDN Cigarung 1 ini jadi contoh Sekolah sehat khususnya di Kabupaten Bogor. 

"Kami berharap pihak Sekolah dan para Kepsek yang hadir dapat mencontoh Sekolah ini agar membudayakan dan melestarikan kegiatan UKS ini,  terutama Kepsek di Sekolah ini," pungkasnya. 

(Red - Seno)
close