Notification

×

Iklan

iklan

Pastikan Mudik Lebaran Aman, Polres Lamongan Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2024

Wednesday 3 April 2024 | 16:15 WIB Last Updated 2024-04-03T09:19:10Z
Dr. H. Yuhronur Efendi didampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan dan Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputro (Foto Doc :  Ubed)

LAMONGAN   |  BIN.Net  - Polres Lamongan menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat “Ketupat Semeru 2024” dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Lamongan di Alun alun Kabupaten Lamongan pada rabu pagi, (03/04).

Bertugas selaku Pimpinan Apel Bupati Lamongan Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA yang didampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P., M. Han dan Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputro, SH, S.I.K.,M.SI serta diikuti oleh pasukan TNI- Polri dan Instansi terkait.

Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Lamongan, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Dari survey total ada 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, oleh sebab itu beliau mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

Untuk menjawab tantangan tersebut TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel yang terdiri dari 1.150 personel Mabes, 85.046 personel Polda Jajaran, 68.969 personel instansi terkait selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024.

Dalam operasi ini Polri telah mempersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu diseluruh wilayah Indonesia dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Sementara itu Polres Lamongan telah mensiagakan 300 orang personel yang terdiri dari 200 personil Polri dan 100 personil gabungan, terkait Pos Pam dan Pos Pelayanan juga sudah disiapkan 3 Pos Pengamanan di Alun alun, Pasar Babat dan WBL, 1 Pos Pelayanan terletak di Terminal Lamongan. Tentunya pos-pos yang digelar sudah siap memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga harus menjadi perhatian penting, baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya.

Patroli dilakukan bersama pada jam-jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang.

Selain itu, patroli melibatkan kelompok-kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan Sholat Ied sebagai wujud toleransi dan keberagaman Indonesia, disamping kamseltibcar lantas dan gangguan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM harus tetap terjaga.

Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan harus diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik. Agar dipastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai penutup, atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan.” 

Demikian amanat dari Kapolri dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat “Ketupat Semeru 2024” dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Lamongan.

Pewarta  : Bed N Qdr
close