Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Dekopin Sumatera Selatan Bersama LPDB Gelar Bimbingan Teknis Penyaluran Pinjaman

Friday 11 November 2022 | 19:09 WIB Last Updated 2022-11-11T12:09:14Z
PALEMBANG, BIN.NET || LPDB (Lembaga Penyalur Dana Bergulir) Kementrian Koperasi UKM RI  bersama Dekopinwil (dewan koperasi wilayah) Sumatera Selatan menggelar bimtek (bimbingan teknis) untuk 15 Koperasi yang terseleksi dari 42 Koperasi/ KUD yang diusulkan  beberapa bulan lalu oleh Dekopinwil Sumsel.

Bimbingan Teknis Penyaluran Pinjaman LPDB-KUMKM, dengan tema Dukung  Ekosistem Koperasi, Pulihkan Ekonomi Negeri”, bimtek ditujukan bagi para koperasi yang ada di Provinsi Sumatera Selatan berlangsung di hotel Novotel Palembang, selama 2 hari (10-11/11/ 22).

Peserta Bimtek 15 Koperasi/KUD (Koperasi Unit Desa) Se Sumsel  dengan rincian sbb kota Palembang  2 Koperasi, Kabupaten OKI (Ogan Komering Ilir) 1 Koperasi, Kabupaten Muara Enim 2 Koperasi, ,Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu Timur 4 Koperasi, Kabupaten Mura (Musi Rawas) 3 Koperasi, Kota Lubuk Linggau 1 Koperasi, Kabupaten Banyuasin 2 Koperasi.

Pelaksanaan Bimtek di Palembang ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Sumsel ,dapat terlaksana atas bantuan dan dukungan dari Pemrov Sumsel, Dinas Koperasi dan UKM serta Dekopinwil Sumsel “Jadi harapan saya dengan adanya bimtek ini adalah bentuk kolaborasi dengan daerah, karena LPDB adanya di Jakarta sehingga tanpa ada kolaborasi dengan daerah hal yang gak mungkin kita bisa melakukan mengangkat perekonomian para UKM melalui gerakan Koperasi “, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Supomo dengan adanya bimtek agar  koperasi dalam  pengelolaan atau manajemen tata kelola koperasi yang baik.

“agar bisa tau cara mengakses LPDB, artinya apa LPDB itu akan menjemput bola yang ditangkaplah oleh Pemerintah Daerah bersama-sama masyarakat disini cara mengakses LPDB melalui e proposal”, tandasnya.

Hadir juga dalam bimtek  H. Giri Ramanda N. Kiemas, S.E., M.M., Tokoh Penggiat Koperasi  yang juga sebagai Ketua Dekopinwil Provinsi Sumatera Selatan yang juga sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan, dalam wawancara dengan awak media menjelaskan.

“koperasi koperasi yang ada di Sumatera Selatan memiliki kapasitas yang cukup potensial sehingga didatangi LPDB dengan adanya bimtek ini akan dilatih bagaimana cara buat proposal yang baik dan bagaimana mengajukan kepada LPDB”, katanya.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru yang  diwakili oleh Ir. H.Amirudin ,M.Si Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel mengucapkan terima kasih kepada Direksi LPDB yang hari ini langsung menyerahkan secara simbolis Persetujuan Pinjaman dari LPDB sebesar  4,950 Milyar kepada KSP RAIS  Musi Rawas
” semoga dengan penyerahan realisasi pinjaman ini dapat menjadi motivasi dan semangat kepada seluruh peserta Bimtek ini ” harapnya

Penyerahan Realisasi pinjaman dari LPDB ini disaksikan langsung oleh  Staf Khusus Bidang Hukum, Pengawasan Koperasi dan Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI. H. Affandi Udji, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Sumatera Selatan, Krisdianto, ST., MM Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Jarot Wahyu Wibowo, SE., MM Direktur Pengembangan Usaha LPDB-KUMKM, Jamkrida, Sumsel, Perwakilan Bank Indonesia Palembang

Laporan : Nita
close