Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Lamongan Ajak Kolaborasi Komunitas Biangkerok Disektor Pariwisata

Tuesday 14 March 2023 | 13:42 WIB Last Updated 2023-03-14T06:42:01Z
LAMONGAN, BIN.Net | Comunitas Burung Biang Kerok Lamongan ( CBKL) merayakan ulang tahun yang ke-6, dengan menggelar lomba kicau burung di Sport Center Lamongan (SCL). Gelaran Lomba kali ini dihadiri seribu lebih peserta dari berbagai kota di Jawa Timur bahkan ada yang dari luar Jawa. Pada Minggu 12/03/2023).

Dalam kesempatan kali ini pembukaan langsung dihadiri oleh Bupati Lamongan yang diwakili Kandam SPD MPD dan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lamongan Bapak M Iswahyudi.

Dalam kesempatan tersebut Kandam SPD MPD mengatakan bahwa," Luar biasa lomba burung kali ini dari mulai peserta, juri dan tujuan sangat bagus, dan mempunyai potensi peluang diberbagai bidang seperti pariwisata, umkm dan bidang- bidang lainnya, oleh karena itu perlu adanya penyamaan program dengan Pemda Lamongan," tegas Kadam Panggilan akrabnya.

M. Iswayudi Kepala Dinas Peternakan mengapresiasi kegiatan lomba burung berkicau anniversary Biangkerok ke-6." Pemda akan bersinergi dan memfalitasi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas - komunitas burung khususnya Biangkerok sebagai Bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat" papar kepala Dinas Peternakan tersebut. 

Tak tanggung-tangung, juri dalam perlombaan ini didatangkan langsung dari Ronggolawe Nusantara DPW Jatim 1, untuk menyeleksi kicauan burung yang dilombakan. Azam berharap, ke depan diagendakan perlombaan kicau burung digelar setiap tahun. Sebab, diakuinya, antusias peserta sangat tinggi, yang banyak datang dari luar Lamongan.

 ‘’Peserta sendiri kurang lebih seribu totalnya. Tak hanya dari kota Lamongan, akan tetapi dari berbagai kota di Jawa Timur. Mulai dari Tuban, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Malang, dan masih banyak lainnya,’’ tuturnya.

Sementara itu, Andy Ketua Biang Kerok Kabupaten Lamongan menjelaskan," Bahwa Lomba burung berkicau dalam satu hari yang terdiri dari 36 kelaTerdapat satu perlombaan murai batu G-16. Jumlah pesertanya sebanyak 11 orang, dengan biaya pendaftaran Rp 1 juta merupakan kelas paling favorit, dan dalam Kategori tersebut hanya terpilih tiga orang pemenang. 

"Panitia mendatangkan sebanyak 10 dewan juri dari Ronggolawe Nusantara DPW Jatim 1. Burung yang dilombakan, mulai dari anismerah, murai batu, sogon, cendet, cucak hijau, trucukan, dan masih banyak yang lainnya,’’ Jelas Andy panggilan akrabnya.

Lomba yang diadakan Biangkerok LA ini, memberikan dampak positif bagi pemilik burung. Sebab mempunyai nilai tinggi, yang dapat memberi keuntungan kepada masyarakat secara ekonomis. Nantinya, burung yang semula memiliki harga rendah, bisa terangkat harganya setelah menjuarai perlombaan ini. Selain itu, lomba ini juga menggerakan UMKM di kabupaten Lamongan,dengan adanya para pedagang yang berjualan produk dari sejumlah kecamatan dan daerah lain di sekitar lokasi lomba. 

Azam ketua panitia dalam sambutannya mengatakan‘’ Sebagian hasil perlombaan, tentunya uang juga disisihkan untuk santunan anak yatim piatu,jadi Lomba kicau burung Anniversary Biangkerok ke 6 kali ini ada nilai persahabatan, nilai lomba dan hiburan dan nilai sedekahnya, karena sebagian hasil dari lomba kali ini akan disalurkan ke kaum dhuafa dan yatim Piatu" Tutupnya Azam pada sambutannya.

Laporan : Bed-Alv
close