Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Pelalawan Buka Acara Khalwat Suluk di Surau Alfalah Pangkalan Kerinci

Friday 3 March 2023 | 15:21 WIB Last Updated 2023-03-03T08:21:41Z
PELALAWAN, BIN.Net  | Bupati Pelalawan, Zukri membuka kegiatan Khalwat Suluk di Surau Alfalah, Jalan Pepaya Ujung, Gang Mulyo, Kelurahan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Kamis (02/03/2023).

Ketua Panitia H. Muhammad Rais, S. Ag,.M.Pd.I mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bupati Pelalawan H. Zukri beserta para tamu undangan dalam rangka pembukaan Suluk tahun 2023.

"Zikir di hati perkuat iman, agar dapat ridho Ilahi,
Selamat datang pak Bupati, di Surau Suluk Pangkalan Kerinci." Sepenggal pantun dari panitia menyambut kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, H. Zukri.

"Suluk ini berlatarbelakang adalah wirid tahunan, yang dilaksanakan oleh masyarakat Pangkalan Kerinci dan sekitarnya," ucap Rais.

Lanjut Rais, Khalwat atau Suluk ini bertujuan, yang pertama untuk mengobati penyakit hati dan membersihkan hati. Yang ke dua untuk menenangkan jiwa. Hati tentram apabila berzikir kepasa Allah SWT. Kemudian mengharapkan Ridha Allah SWT.

Muhammad Rais berharap dengan diadakannya Suluk di Kabupaten Pelalawan tersebut dapat menyelamatkan hati umat.

"Suluk ini kita laksanakan selama 10 hari sepuluh malam terhitung dari malam nanti tanggal 10 sampai ke-10 Syakban tahun 1444 Hijriah atau tanggal 2 sampai 12 maret tahun 2023. Peserta yang tercatat tadi baru 60 orang, in sya Allah akan bertambah menurut tahun - tahun yang lalu lebih dari 100 orang. Yang paling banyak dari teluk meranti dan Kuala Kampar. Sedangkan Biaya berasal dari jemaah Suluk itu sendiri," ucapnya menjelaskan.

Adapun Motto dari kegiatan tersebut adalah "Dengan berkhalwat atau Suluk, selalu mengenang Allah, Hati tentram dan damai menuju Pelalawan sejahtera".

Selanjutnya acara penyerahan bantuan dari Baznas Kabupaten Pelalawan secara simbolis kepada panitia yang diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Pelalawan Karmani didampingi Camat Pangkaln Kerinci dan anggota Dewan H. Burhan Manjo.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan H. Zukri menyebut salah satu Misi Pemerintah Kabupaten Pelalawan adalah SDMnya maju.

"Sumber daya manusia yang maju itu adalah SDM yang dekat dengan Allah. Maka suluk Khalwat adalah salah satu cara yang kita tempuh untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kalau kita mendekatkan diri kepada Allah maka kita menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Jika kita mendekatkan diri kepada Allah maka kita pasti menyayangi semua ciptaan Allah, menyayangi sesama manusia, menyayangi tumbuhan, hewan. Itu adalah bentuk dari kita dekat dengan Allah," sebutnya.

Begitu mulianya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, maka Bupati Zukri berharap agar kegiatan Suluk Khalwat untuk terus dilaksanakan bahkan ditingkatkan lagi.

"Jika biasanya sekali setahun, kalau perlu kita buat dua kali setahun atau tiga kali setahun, kalau perlu setiap bulan. Semakin sering, semakin baik. Semakin banyak orang yang suluk maka mereka semakin dekat kepada Allah sehingga bangsa ini akan semakin baik," terangnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa pentingnya mendekatkan diri kepada Allah.

"Dengan dekat kepada Allah maka keberkahan dari Allah akan kita dapatkan," harapnya.

Sementara itu Kemenag Kabupaten Pelalawan Drs H Syahrul Mualudi, MA mendoakan semoga tuan-tuan guru dan kaum muslimin dan muslimat diberikan kesehatan oleh Allah SWT. "Terus bersama-sama memajukan bidang keagamaan ini di Kabupaten Pelalawan. Termasuk diantaranya kegiatan Suluk yang di hati saya punya apresiasi tersendiri. Karena saya tahu kegiatan Suluk adalah salah satu jalan untuk menuju Ridha Allah. Kalau kita mengenal Allah maka kita akan kenal siapa diri kita sebenarnya. Maka sebaliknya semakin kita kenali diri kita maka semakin tahulah kepada Allah SWT.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pelalawan H Zukri Misran, DPRD Kabupaten Pelalawan diwakili oleh Burhan Manjo, S.Ag. Kapolres Pelalawan, Danramil, Kepala Kemenag Kabupaten Pelalawan, Drs. H. Syahrul Mualudi, MA,. Ketua Baznas Pelalawan, Ketua NU Pelalawan, Ketua FKUB T. Nahar, Ketua IKBMP, Mursyid Abuya Abd.Gani D, Buya muda H.Zulkarnaen LC, Kapolsek Pangkalan Kerinci, Camat Pangkalan kerinci, Lurah Kerinci Kota, Lurah Kerinci Timur, Ninik mamak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat H.Misran, Batin Lalang Anwar C, dan tamu undangan.

Laporan : Rian

Copyrght Barometer Indonesia News
close