Notification

×

Iklan

Iklan

DPR RI Syamsurizal, Pentingnya Sosialisasi Pengawasan Pemilu.

Friday 16 December 2022 | 00:32 WIB Last Updated 2022-12-15T17:32:40Z
PEKANBARU, BIN.Net | Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tak terasa semakin dekat. Saat ini partai politik telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu dan mulai sibuk melakukan penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang akan diusung.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dr. Syamsurizal, SE., MM melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu di Kota Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dr. Syamsurizal, SE., MM masyarakat memiliki peran penting untuk menjaga keberlangsungan proses demokrasi. Sehingga pesta demokrasi di setiap daerah dapat berlangsung dengan baik secara maksimal.

"Masyarakat memiliki peran penting serta bertanggungjawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggaranya pesta demokrasi 2024," ucap Syamsurizal.

Lebih lanjut Syamsurizal menilai bahwa pelaksanaan sosialisasi pengawasan Pemilu yang diikuti oleh masyarakat merupakan perwujudan kerjasama dan pendekatan yang sangat positif untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

Kemudian menurut Syamsurizal, masyarakat merupakan pemantau dalam pengawasan Pemilu.

“Masyarakat menjadi pemantau dalam pengawasan
penyelenggaraan Pemilu, oleh sebab itu sangat diharapkan partisipasi masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan ke Pengawas Pemilu jika ditemukan pelanggaran," tukasnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, tokoh wanita, dan organisasi masyarakat di Kota Pekanbaru. Kemudian kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta kepada narasumber.

Syamsurizal dalam wawancara akhir kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan roadshow di setiap daerah di Provinsi Riau untuk membangun kesadaran hak dan kewajiban politiknya.

Laporan ; Rian
close