-->

Wednesday, November 09, 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gelar Sertifikasi SDM Pariwisata di Samosir.

SAMOSIR, BIN.Net | |  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan melakukan fasilitasi kegiatan Sertifikasi SDM Pariwisata yang di ikuti oleh 60 orang karyawan/ti Hotel dan Restoran di Kabupaten Samosir. Kegiatan ini dilaksanakan di Tabo Cottages, Kelurahan Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Selasa (8/11).

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf pada kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor parekraf melalui upskilling (peningkatan kompetensi), reskilling (penguatan kompetensi), dan new skilling (penambahan kompetensi baru).

Sebagai pelaksana uji kompetensi pada kegiatan ini, Kemenparekraf menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Hotel dan Pariwisata (LSP HOTPARI) Medan dengan menghadirkan 5 orang Asessor (tenaga penguji) setiap bidangnya. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni pada Selasa (8/11) dengan uji kompetensi bidang Food and Beverage Service, dan Rabu (9/11) uji kompetensi bidang Food Production.

Bupati Samosir yang diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Tetti Naibaho, S.Sos menyampaikan bahwa sektor parekraf berpotensi untuk menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat diperlukan untuk memfasilitasi tenaga kerja pariwisata untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui suatu uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terakreditasi, untuk menjamin keberlanjutan pasokan tenaga kerja terampil bagi sektor pariwisata. 

"Selain itu, uji kompetensi ini akan mempercepat pengakuan industri pariwisata terhadap tenaga kerja pariwisata bersertifikat khususnya di kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas", pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua LSP HOTPARI Medan Dewi Juita Purba.

Ambro.S

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

POSTINGAN BARU

    Back to Top