-->

40 Orang Pelaku Wisata di Kabupaten Samosir Ikuti Pelatihan Digital Marketing

SAMOSIR, BIN.NET || Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir memberikan pelatihan digital marketing.

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Vantas, Desa Sialanguan, Kecamatan Pangururan, dan berlangsung selama 3 hari, yakni 26-28 September 2022. Dan diikuti oleh 40 peserta, dari kaun muda Samosir dan berasal dari unsur pengelola ataupun pelaku usaha pariwisata, akomodasi, homestay, objek wisata dan kelompok wisata.

Kadis Pariwisata Tetti Naibaho menjelaskan bahwa tujuan pelatihan adalah upaya meningkatkan kapasitas SDM terutama para pengelola ataupun pelaku usaha pariwisata dari usaha pariwisata, akomodasi dan homestay, objek wisata dan kelompok wisata.
"Yang selama ini mungkin sudah fokus di konten kreator, meng - up grade lagi kemampuan mereka, sehingga potensi - potensi wisata yang ada di Kabupaten Samosir secara umum dan juga desa wisata terpublikasi dan terpromosikan dengan baik," jelas Tetti

Tetti juga mengatakan terkait paparan narasumber yang menggungkapkan bahwa meningkatnya kunjungan wisata ke Samosir dalam kurun waktu januari - pebruari 2022 sebesar 30%.

"Terkait seberapa pentingnya pelatihan digitalisasi terhadap kemajuan pariwisata Samosir. Dan meningkatnya animo wisatawan berkunjung ke Samosir, terutama awal tahun, itu harus kita upayakan agar lebih lama tinggal. Karena selama ini mereka masih 1 - 1/5 hari berlibur di Samosir, setelah itu mereka pulang. Kenapa mereka langsung pulang, karena potensi - potensi wisata yang ada di desa atau objek wisata belum terpublish dengan baik. Karena itu kami menganggap perlu meningkatkan kapasitas SDM terutama pelaku usaha pariwisata melalui pelatihan peningkatan kapasitas  SDM, terutama pelaku usaha pariwisata, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Samosir, akan mendapat informasi tentang kekayaan maupun keindahan dan daya tarik wisata yang ada diseluruh Samosir," jelasnya

Dirinya berharap melalui pelatihan ini, para konten kreator yang baru agar fokus menjual dan juga mampu menampilkan produk - produk UMKM, daya tarik wisata dan seluruh keindahan alam Samosir dalam digitalisasi. 
"Mereka mampu menjual dengan harga yang layak kepada konsumen," tambahnya

Sementara itu salah seorang pemateri Sheella Tan S.I.Kom yang berprofesi sebagai Social Media Specialist menjelaskan bahwa dirinya membawakan 3 materi dalam pelatihan ini, yakni Fotografi untuk promosi digital.
"Saya mengajarkan teknik-teknik dasar dan apa kegunaan fotografi untuk promosi wisata itu sendiri,"jelasnya

Selanjutnya, lanjut Sheella, dirinya juga membawakan materi Bahasa Efektif dalam promosi digital.
"Nah ini mengangkut teknik Copywriting,"tambahnya

Dan materi terakhir yang akan dibawa adalah Strategi (Social Media Marketing).
"Dan disini lebih kepada teknik promosi paket wisata,"ucap Sheella.

Dirinya mengharapkan bahwa setiap penjuru daerah sudah dapat berkecimpung di media sosial.
"Teman-teman harus tahu dampak media sosial itu sangat besar. Termasuk ke penjualan,"pungkasnya

Ambro.S

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

wa

Latest News

Back to Top