Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Lepas Kontingen Jambore Nasional

Wednesday 10 August 2022 | 13:31 WIB Last Updated 2022-08-10T06:31:15Z
KAJEN, BIN.Net || Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, S. Sos., M.Si. resmi melepas 16 orang peserta Kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 Kwartir Cabang Kabupaten Pekalongan, di Pendopo Bupati Pekalongan Kajen, Selasa (9/8). Jamnas diselenggarakan di Cibubur, Jakarta, 12 hingga 21 Agustus 2022.

Dalam sambutannya pada kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta jamnas yang terdiri atas 8 orang putra dan 8 orang putri yang telah lolos seleksi hingga akhirnya dapat menjadi perwakilan dari Kabupaten Pekalongan. “Saya atas nama pemerintah dan kwarcab mengucapkan selamat kepada adik-adikku semuanya, dan terima kasih kepada para orang tua yang telah mengijinkan dan mendukung anak-anaknya mengikuti Jambore Nasional 2022 ini,” ujar Sekda.

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina dan pendamping yang telah berperan penting selama proses pelatihan peserta sampai hari pelepasan. “Terima kasih telah mendidik, membina, dan melatih para peserta selama masa pelatihan. Terima kasih telah mempersiapkan mereka dengan baik. Tetapi tetap jaga dan dampingi selama Jamnas nanti sehingga mereka memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan pramuka memberikan manfaat kepada anak-anak yakni keterampilan-keterampilan hidup yang bermanfaat untuk kehidupannya nanti di masa yang akan datang, “Gerakan pramuka ini bisa menjadi wadah belajar putra-putri kita belajar nasionalisme, keterampilan hidup, dan keterampilan-keterampilan lainnya yang harus kita ajarkan kepada mereka,” ucap sekda.

Dikatakan, jamnas merupakan event nasional yang terakhir digelar pada tahun 2016 dan hanya digelar setiap 5 tahun sekali. Oleh karena itu, dia meminta kepada para peserta untuk dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebaik-baiknya, “Saya minta adik-adik semuanya untuk serius mengikuti kegiatan ini, karena ini akan menambah pengalaman kalian lebih dari pada yang lain. Nanti ketika selesai silakan pengalamannya untuk dibagi kepada adik-adik kita dari penggalang,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga, agar selalu menjaga sikap, dan menikmati kegiatan jamnas dengan gembira, karena menurutnya itu merupakan pengalaman berharga. “Jaga kesehatan, nikmatilah, dan berikan citra positif Kabupaten Pekalongan dengan selalu bersikap ramah, tolong-menolong, sopan santun, ada kode etik gerakan pramuka, ini dijaga,” kata Sekda.

Ketua Panitia, Sugianto S.Pd melaporkan jamnas akan dilaksanakan pada tanggal 12-21 agustus 2022, tetapi khusus untuk Kontingen Kabupaten Pekalongan akan berangkat tanggal 10 agustus 2022.

“Karena ditunjuk sebagai peserta aksi dan atraksi dalam pembukaan jambore nasional 2022 sehingga H-2 sudah harus ada di Cibubur,” terangnya.

Ia menyebutkan, peserta Jambore Nasional Kontingen Kwarcab Kabupaten Pekalongan terdiri atas 1 regu putra dan 1 regu putri serta 3 pendamping putra dan 3 pendamping putri.  

Dhodi R/Prokompim Kab. Pekalongan
close