-->

Duta Rupiah BI Tegal Minta, Perlakukan Uang Rupiah Dengan Baik Wujud Cinta NKRI

BATANG, BIN.Net | | Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah merupakan tugas bersama antara Bank Indonesia dan seluruh perbankan yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Hal itu pun tercantum dalam undang-undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang.

Menurut Duta CBP Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (PBI) Tegal Rizki Maulana Bahari mengatakan, ada beberapa cara memperlakukan uang rupiah yang sesuai dengan arahan pemerintah.
“Perlakukan uang rupiah itu dengan 5J yaitu jangan dilipat, disteples, jangan ditekuk, jangan di coret-coret dan jangan dikotori,” kata Rizki Maulana Bahari dari BNI Pekalongan yang bekerja sebagai teler di BNI Cabang Pembantu Batang, Rabu (22/6/2022). 

Ia pun mengatakan, untuk perlakukan uang rupiah dengan baik menjadi tanggungjawab bersama. Karena uang rupiah sebagai salah satu identitas dan simbol Bangsa Indonesia. “Jadi kita sebagai warga Indonesia harus menghargai uang rupiah baik uang kertas maupun koin,” jelasnya. Rizki juga menyatakan masih banyak menjumpai masyarakat yang memperlakukan uang rupiah tidak semestinya. 

“Masyarakat banyak belum paham cara penyimpanan dan memperlakukan uang rupiah. Kita sering menjumpai uang rupiah jenis kertas dicoret-coret dan menggambari. Itu sangat disayangakan,” ungkapnya. 

Rizki pun tak segan memberikan edukasi kepada nasabah ketika melakukan transaksi setor tunai di teler BNI Cabang Pembantu Batang tempat ia kerja dengan cara santun.“Kita selalu memberikan edukasi cara memperlakukan uang rupiah dengan baik dan benar kepada nasabah. Banyak yang disteples. Itu secara tidak langsung fisik uang menjadi rusak,” tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupaiah Kantor PBI Tegal M Ramadi mengatakan, pada Senin (20/6/2022) malam PBI Tegal telah menyelenggarakan Grand Final Duta Cinta Bangga Paham Rupiah. Kegiatan itu diikuti oleh 38 perwakilan perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) sub Tegal. 

Setelah melalui berbagai proses yang panjang yaitu, tentang pemahaman CBP Rupiah. Terpilih sebagai Juara 1 Duta CBP Rupiah Rizki Maulana Bahari dari BNI Pekalongan, Juara 2 diraih oleh Monicca Weni Seftiana Putri dari BPD Jateng Pekalongan, Dionisius Rachmat Yuston T dari BCA Pekalongan sebagai Juara 3.

“Harapan besar kita dari PBI Tegal dapat bersama-sama bergandengan tangan dengan perbankan mengedukasi masyarakat terkait Cinta Bangga Paham Rupiah,” harapnya. 

Hal itu, agar rupiah kuat dan berdaulat sebagai mata uang tunggal dalam bertransaksi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).“Uang Rupiah itu sebagai simbol kedaulat negara dan pemersatu bangsa serta mendorong perekonomian negeri,” ujar dia.

M. Budiono

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top