-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

INDEKS BERITA

Tag Terpopuler

MCP Batang Kembali Naik Presentase Capaian Sebesar 94,02

Wednesday, May 25, 2022 | Wednesday, May 25, 2022 WIB Last Updated 2022-05-25T08:46:58Z
BATANG, BIN.NET || Pemerintah Kabupaten Batang bersama Korwil III KPK Republik Indonesia menggelar rapat Monitoring Center for Prevention (MCP) atau monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi di Aula Bupati, Kabupaten Batang. Rabu,(25/05/2022).

Penilaian MCP mencakup 8 area intervensi, yaitu Perencanaan dan Penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Keuangan Daerah.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa MCP Kabupaten Batang tahun 2021 presentase capaian sebesar 94,02 menempati peringkat 11 di Jawa Tengah. Capaian ini melebihi tahun 2020 dengan presentase sebesar 90,06 meskipun peringkatnya menurun.

“Capaian pada tahun 2021 yang meningkat ini karena ada pendampingan langsung dari Korwil III KPK RI yang kebetulan Ketuanya  Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama putra Kabupaten Batang sendiri, jadi beliau berikan pengawasan yang lebih ketat,” jelasnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2021 kemarin masing-masing area intervensi yang nilainya 100 hanya ada dua yaitu manajemen ASN dan tata kelola keuangan daerah. Untuk area yang lainnya kurang maksimal nilainya.

Pada tahun ini optimis Kabupaten Batang akan ada peningkatan MCP, karena sudah memulai upload data-data tinggal menunggu verifikasi saja.

“Kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk memantau perkembangan capaian serta menentukan langkah percepatan pemenuhan indikator-indikator yang telah ditetapkan pada delapan area intervensi MCP KPK,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Korwil Wilayah III KPK Republik Indonesia Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama menyampaikan, nilai 94,02 persen MCP Kabupaten Batang itu benar-benar sangat luar biasa meskipun daerah lain mengejar lebih keras lagi jadi nilainya lebih dari Kabupaten Batang.

“Nilai MCP di wilayah Jawa Tengah ini memang sudah banyak daerah yang mencapai nilai 90 bahkan ada 19 daerah pada tahun 2021 jauh sekali dibandingkan tahun 2020 hanya ada 5 daerah saja,” terangnya.

Kabupaten Batang cukup signifikan kenaikan nilainya melihat persaingan sudah sangat ketat bahkan Provinsi Semarang juga kalah tinggi dengan Kabupaten Semarang yang mempunyai nilai paling tinggi 97 MCP nya.

“Mudah-mudahan dan saya yakin untuk tahun 2022 Kabupaten Batang dengan ritme kerja yang bagus pada tahun sebelumnya pasti kedepan akan semakin bagus,” ujar dia. 
(M. Nuryanto / tim Diskominfo Kab. Batang)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update