Notification

×

Iklan

Iklan

Islamic Center Batang Digunakan Manasik Haji untuk yang Pertama

Tuesday 31 May 2022 | 07:31 WIB Last Updated 2022-05-31T00:31:33Z
BATANG, BIN.Net | | Islamic Center Batang (ICB) mulai hari ini dipergunakan untuk kegiatan manasik haji bagi jamaah yang akan berangkat pada tahun ini.
Tahun ini ada 390 Calon jamaah haji (Calhaj) dengan 10 Calon jamaah haji cadangan yang akan berangkat ke tanah suci, hari ini mengikuti manasik di Islamic Center Batang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Senin (30/5/2022).

Kepala Kemenag Kabupaten Batang M. Aqso mengatakan, manasik haji merupakan rangkaian kegiatan Calhaj sebelum berangkat ke tanah suci. Manasik haji dilakukan di Kabupaten dua kali dan di Kantor Urusan Agama (KUA) empat kali.

“Hari ini merupakan acara penutup dari rangkaian manasik haji untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Batang kita kumpulkan semua di ICB. Kegiatan sendiri ada dua kegiatan yang harus dijalani Calhaj yakni Umroh dan Haji,” jelasnya.

Macam-macam kegiatannya dimulai dari Ikhrom Haji, Wukuf, Perjalanan ke Musdalifah, Perjalanan ke Mina, Lempar Jumproh, Tawaf, Sai, dan Tahalul selesai.

“Pemberian bekal macam-macam kegiatan manasik haji dalam rangka untuk memberikan pemahaman yang benar kepada Calhaj, agar proses ini benar-benar dilakukan saat ibadah haji di tanah suci,” tegasnya.
Alhamdulillah, lanjut dia, tempat ICB yang digunakan untuk manasik haji hari ini sudah sesuai fasilitasnya seperti yang ada di tanah suci tinggal kelengkapan-kelengkapan yang belum ada seperti tempat untuk Wukufnya.

“Sebelum ada Islamic Center Batang kita sendiri melakukan manasik haji pada tahun-tahun sebelumnya hanya di Kecamatan masing-masing saja,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga kedepan ICB bisa dilanjutkan kembali pembangunan tahapan berikutnya agar fasilitasnya yang ada semakin komplit sesuai yang ada di tanah suci. (M. Nuryanto / Tim Diskominfo Kab. Batang)
close